PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MAU DIBAWA KE MANA?
DOI:
https://doi.org/10.21009/BAHTERA.131.6Keywords:
pembelajaran bahasa, pembentukan karakter, kualitas pribadiAbstract
Abstrak
Tulisan ini diilhami oleh dua orang pakar bahasa yakni pakar dialektologi Prof. Mahsun, mencoba menawarkan fase pembelajaran bahasa sedangkan pakar linguistik fungsional Prof. Amrin Saragih menawarkan pentingnya linguistik fungsional. Makalah ini menawarkan kepada kita tentang konsep pembelajaran bahasa untuk mewujudkan tujuan pendidikan yakni pembentukan karakter yang terwujud dalam kesatuan esensial si subyek dengan bahasa dan perilaku serta sikap hidup yang dimilikinya dengan mengacu pada teori Foerster. Bagi Foerster, karakter merupakan sesuatu yang mengualifikasi seorang pribadi. Karakter menjadi identitas yang mengatasi pengalaman kontingen yang selalu berubah. Dari kematangan karakter inilah, kualitas seorang pribadi diukur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License & Copyright
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.