KURIKULUM 2013 DALAM PERSEPSI DAN INTERPRETASI GURU-GURU BAHASA INGGRIS

Authors

  • Djuwariah Ahmad Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
  • Mardiana Mardiana Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.21009/BAHTERA.131.7

Keywords:

persepssi, interpretasi, kurikulum 2013

Abstract

Abstrak
Makalah ini bertujuan mendeskripsikan secara analitik persepsi dan interpretasi guru-guru bahasa Inggris terhadap Kurikulum 2013 berdasarkan hasil penelitian pada 4 SMA target implementasi di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan fenomenologi dalam paradigma kualitatif yang melibatkan 11 guru bahasa Inggris di Kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan pengetahuan dan sistem kepercayaan yang dibangun guru terhadap perubahan, persepsi mereka terhadap pembelajaran bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013 berada pada dua kutub; positif (berdampak pada transformasi dari pandangan tradisional pembelajaran menuju dimensi pedagogik modern) dan negatif yang menganggap bahwa perubahan hanya pada tingkat konseptual dengan efek yangsama pada kurikulum sebelumnya. Interpretasi guru cenderung benar dan menyeluruh pada konsep-konsep umum Kurikulum 2013 namun parsial terhadap konsep-konsep aplikatif sesuai dengan tingkat pemahaman, pengetahuan prosedural dan kenyamanan yang diperoleh dari aplikasi yang ditawarkan oleh elemen kurikulum yang berubah.

Author Biographies

Djuwariah Ahmad, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Januari 2014

Mardiana Mardiana, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Januari 2014

Downloads

Published

2014-01-30

How to Cite

Ahmad, D., & Mardiana, M. (2014). KURIKULUM 2013 DALAM PERSEPSI DAN INTERPRETASI GURU-GURU BAHASA INGGRIS. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 72–80. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.131.7