PEMBELAJARAN BERBAGAI JENIS TEKS BERBAHASAINGGRIS (ENGLISH GENRES) MELALUI OBSERVATIONAL LEARNING IMPLEMENTASI DAN PERMASALAHAN

Authors

  • Lasito Lasito Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/BAHTERA.131.8

Keywords:

Jenis teks bahasa inggris, pembelajaran melalui pengamatan, pembelajaran bahasa

Abstract

Abstrak
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran melalui pengamatan (observational learning) dalam pengajaran berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris (English genres) yang dilakukan di salah satu sekolah menengah atas di Jakarta. Menggunakan metode ethnografi melalui pengamatan selama satu semester, penelitian ini menunjukkan berbagai masalah penting yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam usahanya menerapkan pembelajaran berbasis pengamatan. Pertama, keterbatasan teks yang dimiliki guru yang dijadikan sebagai model. Kedua kurangnya paparan terhadap teks yang dijadikan model menyebabkan siswa tidak memiliki informasi yang kaya akan variasi teks sejenis. Ketiga adanya penolakan siswa terhadap
metode observational learning. Siswa lebih nyaman dengan guru menerangkan dan memberikan latihan (teacher-centered) dibandingkan siswa sendiri harus mengamati dan
bereksplorasi dengan teks.

Author Biography

Lasito Lasito, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta

Januari 2014

Downloads

Published

2014-01-30

How to Cite

Lasito, L. (2014). PEMBELAJARAN BERBAGAI JENIS TEKS BERBAHASAINGGRIS (ENGLISH GENRES) MELALUI OBSERVATIONAL LEARNING IMPLEMENTASI DAN PERMASALAHAN. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 81–87. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.131.8