PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU IPS (Studi Kasus Di MGMP IPS Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat)

Authors

  • Eko Siswono
  • Nur Djulaiqha

DOI:

https://doi.org/10.21009/EIPS.01101

Keywords:

Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Kompetensi Profesional

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU IPS

(Studi Kasus Di MGMP IPS Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat)

Oleh :  Nur Djulaiqha dan Eko Siswono

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kompetensi profesional guru IPS setelah mengikuti MGMP IPS Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat dan (2) mengetahui peranan MGMP IPS dalam meningkatkan kompetensi profesional guru IPS di Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan sampel berupa purpose sampling. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan (1) MGMP IPS Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat adalah wadah guru mata pelajaran IPS Terpadu dalam meningkatkan kompetensi profesional guru IPS, (2) dalam melaksanakan kegiatan MGMP IPS Kecamatan  Cengkareng  Jakarta  Barat  mempunyai  peran  sebagai  reformator dengan mengembangkan materi ajar melalui sumber-sumber lain dan media pembelajaran berbasis IT, mediator dengan mensosialisasikan kurikulum dan perangkat pembelajaran yaitu kurikulum 2013, supporting agency dengan mengembangkan   metode   pembelajaran,   dan   kolaborator   mengundang   nara sumber dan membuat kegiatan berbagi pengamalan antar teman sejawat.

 

Kata Kunci: Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kompetensi Profesional,

Downloads

Published

2017-08-10

How to Cite

Siswono, E., & Djulaiqha, N. (2017). PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU IPS (Studi Kasus Di MGMP IPS Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat). Edukasi IPS, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/EIPS.01101

Issue

Section

Articles