IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS SEKOLAH DI SMA AL AZHAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.21009/improvement.v4i2.10464Keywords:
Peserta Didik, Manajemen Berbasis SekolahAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris serta mengamati secara langsung manajemen peserta didik berbasis sekolah yang dilaksanakan berdasarkan penerimaan, masa pengenalan lingkungan sekolah, pembinaan dan pengembangan peserta didik di SMA Al Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan penerimaan peserta didik baru meliputi: pembentukan panitia penerimaan peserta didik, penyusunan prosedur dan persyaratan penerimaan calon peserta didik, selanjutnya pengumuman hasil penerimaan peserta didik baru. (2) pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru bertujuan menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif, mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah, dan menumbuhkan prilaku positif. (3) pembinaan dan pengembangan peserta didik baru meliputi : memberikan layanan bimbingan konseling, mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dan terpadu sesuai bakat, minat dan kreativitas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA (Attribution & Non-Commercial-ShareAlike)