PENGELOLAAN KURIKULUM DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA ISLAM AL AZAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.21009/improvement.v4i2.10466Keywords:
Kurikulum, Manajemen berbasis sekolahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mencari data dan informasi mengenai Pengelolaan Kurikulum Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara yang berfokus pada hal-hal seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik, Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1). Pengaplikasian MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) dalam perencanaan kurikulum terlihat dengan diterapkannya prinsi-prinsip MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). (2) Pelaksanaan kurikulum dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. (3) Evaluasi kurikulum di SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading dikelompokan menjadi dua tahapan yaitu, pertama melakukan evaluasi setelah kegiatan tersebut dilaksanakan yang hanya melibatkan unsur kepanitiaan dan pimpinan yang dilaksanakan rutin setiap bulannya, kedua evaluasi general yaitu evaluasi yang dilakukan secara bersama-sama melibatkan semua unsur termasuk BPPS (Badan Penunjang Program Sekolah). Hasil evaluasi yang berupa rekomendasi tersebut digunakan untuk melihat apakah program kurikulum akan dilanjutkan, diperbaharui atau dihapuskan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA (Attribution & Non-Commercial-ShareAlike)