HUBUNGAN ANATARA BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU HONORER DI SDN KECAMATAN PILOGADUNG JAKARTA TIMUR

  • Siti Annisa Universitas Negeri Jakarta
  • Neti Karneti Universitas Negeri Jakarta
  • Heru Santosa Universitas Negeri Jakarta
Keywords: budaya organisasi, kepuasan kerja

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan adanya pengaruh atau hubungan antara variabel X dan variabel Y. Dengan kata lain, penelitian metode survey ini bertujuan untuk mendapatkan data dari tempat yang alamiah (bukan buatan), dengan melakukan pengumpulan data untuk memperoleh gambaran lebih jelas tentang hubungan antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru honorer SDN di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1). Budaya organisasi yang berjalan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pulogadung sudah cukup. Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar guru honorer mendapatkan skor di wilayah rata-rata atau kategori tingkat rata-rata sedang, yaitu terletak pada rentang 148 – 179, sebanyak 42 guru atau sebesar 57.53%.  

 (2) Kepuasan kerja yang dimiliki guru honorer Sekolah Dasar Negeri di  Kecamatan Pulogadung sudah cukup. Hal ini dapat dilihat dari  sebagian besar guru honorer mendapatkan skor di wilayah rata-rata  atau kategori tingkat rata-rata sedang, yaitu terletak pada rentang 150  â€“ 174, sebanyak 51 guru atau sebesar 69.86%. (3) Terdapat hubungan yang positif antara budaya organisasi dengan  kepuasan kerja guru honorer SD Negeri di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Hal ini berarti semakin kuat budaya organisasi maka semakin tinggi kepuasan kerja guru honorer SD Negeri di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur.

 

Published
2017-12-01
How to Cite
Annisa, S., Karneti, N., & Santosa, H. (2017). HUBUNGAN ANATARA BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU HONORER DI SDN KECAMATAN PILOGADUNG JAKARTA TIMUR. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 4(2), 238 - 254. https://doi.org/10.21009/improvement.v4i2.10469