MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA ANGKASA I JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/improvement.v4i2.10545Abstract
ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen peserta didik dalam manajemen berbasis sekolah di SMA Angkasa I Jakarta. Penelitian dilakukan mulai dari bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Kasubag TU, Staf Bidang Kesiswaan, dan Guru Bimbingan dan Konseling.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan penerimaan peserta didik baru meliputi: melakukan evaluasi, pembentukan panitia, menetapkan dan mengesahkan peraturan dan anggaran, penjualan formulir, pelaksanaan tes, pengumuman hasil tes, dan pelunasan pembayaran. (2) kegiatan orientasi dilakukan agar peserta didik baru mengetahui lingkungan sekolah, keadaan sekolah, program yang dilakukan sekolah, guru-guru dan karyawan sekolah, organisasi dan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, dan juga mengetahui tata tertib yang ada di SMA Angkasa I. (3) Pembinaan dilakukan untuk menjadikan siswa berkarakter unggul dalam imtaq, iptek, dan berbudi luhur dalam era globalisasi sesuai dengan visi dan misi sekolah. Proses pembinaan peserta didik di SMA Angkasa I melibatkan semua pihak sekolah dan berlangsung terus menerus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA (Attribution & Non-Commercial-ShareAlike)