Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir lancar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks

Authors

  • ryzal perdana Universitas sebelas maret

DOI:

https://doi.org/10.21009/improvement.v6i1.10882

Keywords:

reaksi redoks, berfikir lancar, PBM

Abstract

Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Lancar Siswa Pada Materi  Reaksi Redoks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam meningkatkan kemampuan berfikir lancar siswa pada materi  reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang ada di SMA Negeri 1 Tulangbawang pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design.  Pengaruh model PBM diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa sebesar 0,88 (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  PBM efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir lancar siswa pada materi reaksi redoks.

Downloads

Published

2020-08-04

How to Cite

perdana, ryzal. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir lancar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 6(1), 60–70. https://doi.org/10.21009/improvement.v6i1.10882