PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • rahmi Universitas Riau Kepulauan

DOI:

https://doi.org/10.21009/improvement.v6i02.13295

Keywords:

model PBL, konstekstual, kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar

Abstract

AbstrakTujuan  penelitian  ini adalah  untuk melihat pengaruh model pembelajaran  PBL berbasis kontestual terhadap kemampuan berpikir kraetif dan hasil belajar mahasiswa program studi pendidkan biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs, Desain penelitian  menggunakan one Group Pretest-posttest.  Untuk variabel bebas yaitu  model PBL dan terikat kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar. Uji normalitas Pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar menggunakan analisis parametrik. Untk kemampuan berpikir kreatif didapat untuk Pretests - posttest nilai probalitas (sig.2.tailed) = 0,073 > 0,005 dikatakan berdisribusi  normal. Untuk hasil belajar Pretest-posttest didapat probabilitas  (sig.2.tailed) = 0,062 > 0,005 dikatakan berdistibusi normal. Teknik analisis uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0.05 menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired sample test) hasil output diperoleh nilai thitung = -2.0881. kaidah terdapat pengaruh model PBL dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berfikir kreatif

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

rahmi. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA . Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 6(02), 60–68. https://doi.org/10.21009/improvement.v6i02.13295