Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Mewujudkan Indikator Kinerja Utama SD Islam Al Ikhlas

  • Indra Fithra Wirawan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: indikator kinerja utama, manajemen pendidikan karakter, sd islam al ikhlas, alat ukur kinerja, pendidikan karakter

Abstract

Kasus anak berkarakter negatif berupa perundungan, kekerasan fisik, kekerasan psikis, dan kekerasan seksual masih terjadi di lingkungan pendidikan. Sekolah melaksanakan pendidikan karakter masih banyak menitikberatkan pada konteks pengetahuan dibandingkan pengamalan menyebabkan siswa kesulitan membentuk karakter positif. Pendidikan karakter di sekolah merupakan tahapan pembentukan karakter yang tidak kalah pentingnya dari pembentukan karakter oleh orang tua di keluarga. Sekolah harus memiliki dan menerapkan manajemen pendidikan karakter siswa untuk mencapai visi sesuai misi dan karakteristik sekolah masing-masing. Penggunaan Indikator Kinerja Utama (IKU) sebagai alat ukur kinerja sekolah dengan tepat dan akurat sangat membantu pengelola sekolah untuk menyajikan keberhasilan pencapaian tujuan sekolah untuk dipertanggungjawabkan kepada seluruh pemangku sekolah. Tujuan penelitian ini memaparkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen pendidikan karakter SD Islam Al Ikhlas untuk mewujudkan IKU sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus di SD Islam Al Ikhlas. Hasil temuan penelitian yaitu: (1) Perencanaan Pendidikan Karakter dan Indikator Kinerja Utama (IKU) selaras dengan visi dan misi sekolah dengan melibatkan pemangku kepentingan sekolah. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan sosialisasi, pembelajaran, pembiasaan dan ekstrakurikuler sesuai rencana yang telah dibuat; 3) Kontrol pendidikan karakter menggunakan Indikator Kinerja Utama (IKU) meliputi kegiatan monitoring, evaluasi dan penyampaian laporan.

Published
2021-06-30
How to Cite
Wirawan, I. F. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Mewujudkan Indikator Kinerja Utama SD Islam Al Ikhlas . Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 40-53. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.19423