Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Sd Negeri Di Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Kota Administrasi Jakarta Timur

  • Emon Carman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta
Keywords: Supervisi, teacher supervision

Abstract

Kegiatan supervisi pendidikan sangat dibutuhkan oleh guru, karena bagi guru yang melayani siswa setiap hari tidak ada yang lebih mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam melakukan pembelajaran, kecuali Kepala Sekolah tempat guru tersebut berada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi terhadap Kualitas layanan guru. Metode penelitian yang dipilih menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Dalam penelitian ini terdapat 115 orang sampel guru Sekolah Dasar Negeri yang dipilih berdasarkan teknik random sampling. Berdasarkan deskripsi uji hipotesis di atas, diperoleh hasil temuan penelitian yaitu terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara supervisi dengan kualitas layanan guru,. Implikasi yang didapat dari penelitian ini yaitu upaya dalam meningkatkan kualitas layanan guru dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas supervisi.

Published
2021-06-30
How to Cite
Carman, E. (2021). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Sd Negeri Di Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Kota Administrasi Jakarta Timur. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 107-115. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.21085