Resiliensi Akademik Mahasiswa Terhadap Kepuasan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Annisa Retno Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.22683

Abstract

Resiliensi menjadi sangat penting untuk mahasiswa agar mampu bertahan dan mampu mengatasi masalah khususnya pada masa pembelajaran daring, selain itu kepuasan pembelajaran menjadi hal yang penting melakukan evaluasi selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pembelajaran daring dengan resilinesi akademik mahasiswa pada masa pendemi covid-19. Populasi pada penelitian ini sebanyak 150 mahasiswa, sedangkan pengambilan sampel dengan accidental sampling. Pengambilan data dilakukan pada bulan Mei – Agustus 2021. Pada kepuasan belajar daring (X) mengukur 15 item pernyataan dan resiliensi akademik (Y) mengukur 24 item pernyataan. Dari hasil penelitian data thitung  = 10,587, dengan persamaan regresi Y = 52,06 + 0,75X dengan nilai rxy = 0, 93 yang menunjukan terdapat hubungan antara kepuasan pembelajaran daring dengan resiliensi akademik yang mana berhubungan positif. Dengan besarnya kontribusi variable X terhadap Y yaitu r2 = 93% dengan artinya semakin tinggi kepuasan pembelajaran daring, maka semakin tinggi resiliensi akademik mahasiswa.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Annisa Retno. (2021). Resiliensi Akademik Mahasiswa Terhadap Kepuasan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(2), 47–54. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.22683