Manajemen Hubungan Sekolah Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Masduki Ahmad Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.23535

Keywords:

manajemen pendidikan, hubungan masyarakat, citra sekolah

Abstract

Reputasi sekolah pada masa Pembelajaran Jarak Jauh sangat dipertaruhkan. Sekolah akan dinilai berdasarkan kecepatan mereka dalam beradaptasi dalam waktu yang singkat dan kemampuan mereka menjaga kualitas pendidikan. Berbagai upaya dilakukan oleh sekolah untuk menjaga reputasi selama masa COVID-19, cara yang bisa dilakukan adalah melalui hubungan sekolah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, evaluasi, serta hambatan dalam manajemen hubungan masyarakat untuk meningkatkan citra sekolah di tengah pandemi COVID-19 di SMAS Islam Assyafi’iyah 02, Kota Bekasi. Desain penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis digunakan untuk memperoleh hasil dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) perencanaan diawali dengan adanya analisis kebutuhan yang selaras dengan visi dan misi sekolah, 2) tahap pelaksanaan kegiatan berpedoman pada kerangka perencanaan yang telah disusun sebelumnnya adapun kegiatan yang dilakukan yakni dengan adanya publikasi dan kegiatan sosial, 3) evaluasi kehumasan dilakukan dengan memperhatikan beberapa unsur yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas kegiatan dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan dalam kegiatan selanjutnya, dan 4) hambatan yang dihadapi sekolah dalam kegiatan hubungan masyarakat bersumber dari dalam dan luar lingkungan sekolah.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Ahmad, M. (2021). Manajemen Hubungan Sekolah Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(2), 55–71. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.23535