تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها: البحث النظري في طريقة تعليم القواعد

Authors

  • عارف ويدودو Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/almakrifah.12.01.05

Keywords:

Metode pembelajaran, tata bahasa Arab, qiyas, istiqra', mu'addalah, muqtaraha

Abstract

Penelitian tentang metodologi pembelajaran nahwu merupakan terobosan mencari model pembelajaran tata bahasa Arab yang aplikatif dan inovatif dan integratif, karenanya perlu terus dikembangkan sampai tercapai prototipe yang sesuai dengan tuntutan model pembelajaran yang efektif. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan metodologi pembelajaran nahwu selama ini. Secara khusus adalah untuk mengetahui model meode  pembelajaran qawa'id yang terbarukan. Untuk tujuan itu, data dikumpulkan dengan dokumentasi kepustakaan. Data kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran nahwu telah mengalami empat model pembelajaran, yaitu (1) Metode qiyas, (2) metode istiqra', (3) metode mu'addalah, dan (4) Metode muqtaraha. Secara umum, semua metode mempunyai kesamaan pendekatan yaitu pendekatan qawa'id tarjamah yang kemudian disebut dengan metode qawa'id tarjamah.

Downloads

Published

2015-04-30

How to Cite

ويدودو ع. (2015). تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها: البحث النظري في طريقة تعليم القواعد. Al-Ma‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, Dan Sastra Arab, 12(1), 46–52. https://doi.org/10.21009/almakrifah.12.01.05