Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Penugasan Model Contoh, Latihan, Kerja Mandiri (CLK)

Authors

  • Syamsi Setiadi Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/almakrifah.12.02.06

Keywords:

Kosakata, metode penugasan dengan contoh, metode penugasan latihan, metode penugasan dengan kerja mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peningkatan penguasaan kosakata mahasiswa melalui metode pembelajaran Contoh, Latihan, dan Kerja Mandiri (CLK) pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada bulan Juli - Desember 2013. Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UNJ sejumlah 24 mahasiswa. Berdasarkan hasil hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut, (1) Pembelajaran morfologi Arab dengan metode penugasan model contoh, latihan, dan kerja mandiri dapat dijadikan sebagai salah satu strategi atau cara untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab, (2) Dengan metode penugasan model contoh, latihan, dan kerja mandiri para mahasiswa dapat menambah perbendaharaan kosa kata Bahasa arab mereka, serta menggunakan bentukan-bentukan kata dalam kalimat, serta dapat menganalisis teks bahasa arab yang tidak berharakat, (3) Pembelajaran dengan metode penugasan model contoh, latihan, dan kerja mandiri dapat meningkatkan penguasaan kosakata mahasiswa, (4) Pembelajaran Morfologi Arab dengan metode penugasan model contoh, latihan, dan kerja mandiri dapat menambah wacana mahasiswa dan dosen untuk selalu mengeksplore kosakata atau istilah berbahasa Arab yang sesuai dengan perubahan dan bentukan kata berserta  konteksnya.

Downloads

Published

2015-10-02

How to Cite

Syamsi Setiadi. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Penugasan Model Contoh, Latihan, Kerja Mandiri (CLK). Al-Ma‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, Dan Sastra Arab, 12(2), 48–57. https://doi.org/10.21009/almakrifah.12.02.06