Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab
Keywords:
Vocabulary Mastery, Arabic Language, Singing MethodAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab di MTs Ma’arif NU 07 Purbolinggo. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan metode wawancara sebagai metode pokok, metode observasi dan dokumentasi sebagai metode penunjang. Kemudian untuk menganalisa data digunakan analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi di MTs Ma’arif NU 07 Purbolinggo dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata dalam bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari hafalan nyanyian yang mana lirik lagunya sudah diganti dengan kosakata bahasa Arab
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ika Khoirun Nisa, Novita Rahmi, Walfajri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.