Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta: Studi Etnografi
DOI:
https://doi.org/10.21009/almakrifah.14.02.02Keywords:
Pembelajaran, bahasa Arab, pondok pesantren, etnografiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai proses pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Fokus pengamatan dilakukan terhadap tiga komponen utama yaitu, space, actor dan activity yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab. Para pendidik di Pondok Pesantren Darunnajah memandang bahasa Arab sebagai bahasa agama Islam dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darunnajah memiliki dua pendekatan, yaitu pembelajaran yang bersifat formal dan non formal. Melalui rangkaian aktivitas pembelajaran bahasa Arab dengan kedua pendekatan tersebut telah menghasilkan suatu kondisi lingkungan kebahasaan yang dapat mendorong para santri untuk terus mengadakan kontak bahasa dengan bahasa Arab sehingga mengasah kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis serta dapat memunculkan rasa kebahasaan (dzauq) santri terhadap bahasa Arab.