Strategi Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Robi'ah Ummi Kulsum Balai Diklat Keagamaan Jakarta

Keywords:

Perencanaan pembelajaran, tematik terpadu, internalisasi nilai-nilai akhlak

Abstract

Dewasa ini pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 menjadi sebuah kebijakan yang memiliki banyak implikasi, di antaranya adalah implikasi terhadap persiapan dan hasil pembelajaran. Pembelajaran tematik terpadu 2013 merupakan salah satu pendekatan pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis aktifitas (meaningfull learning). Beberapa penelitian membuktikan bahwa pembelajaran tematik mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Seolah memberi sinyal positif, di balik persiapan, proses dan evaluasinya yang nampak rumit, pembelajaran tematik terpadu ditengarai sebagai pendekatan yang strategis untuk menginternalisasikan nilai-nilai akhlak. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penulis hendak memaparkan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat tentang strategi menginternalisasikan nilai-nilai akhlak dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu di madrasah ibtidaiyah. Hasil yang diperoleh adalah bahwa guna menginternalisasikan nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran tematik terpadu memerlukan persiapan. Terdapat dua macam perencanaan bagi guru Madrasah, yaitu perencanaan umum dan perencanaan khusus. Perencanaan umum dilakukan oleh segenap pihak civitas madrasah, sedangkan perencanaan khusus dilakukan oleh pihak guru kelas sebagai fasilitator pembelajaran tematik terpadu. Proses internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran tematik terpadu melewati tiga tahapan, yaitu transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Terdapat faktor penting dalam pelaksanaan pendidikan nilai akhlak, antara lain: guru sebagai teladan, situasi dan kegiatan yang terprogram, dan desain program pendidikan nilai akhlak. Sebagai pengembangan upaya internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran tematik terpadu diperlukan desain program pendidikan nilai akhlak di madrasah, yaitu desain pendidikan akhlak berbasis kelas, berbasis kultur madrasah, dan berbasis komunitas.

Downloads

Published

2017-04-20

How to Cite

Kulsum, R. U. (2017). Strategi Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Ma‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, Dan Sastra Arab, 14(1), 34–52. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jba/article/view/9443