Pengaruh Program Kampung Arab terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta

Authors

  • Samsi Setiadi Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Dinda Rahmawati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/almakrifah.15.01.10

Keywords:

Qaryah Arabiyah, hasil belajar keterampilan berbahasa Arab, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengaruh program Qaryah Arabiyyah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar keterampilan berbahasa Arab mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta pada semester I Tahun Ajaran 20017 2017–2018, yang di mulai dari bulan November 2017 hingga Januari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods) dengan model yang digunakan adalah sequential explanatory. Sumber data penelitian adalah 222 mahasiswa yang mengikuti program Qaryah Arabiyyah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian kuantitatif adalah nilai mata kuliah keterampilan berbahasa meliputi Istima', Kalam, dan Qira'ah pada mahasiswa semester 1 dan semester 2. Berdasarkan hasil analisis data statistik, terdapat peningkatan hasil belajar pada angkatan 2014 ada 26 mahasiswa dan pada angkatan 2015 ada 42 mahasiswa dan pada angkatan 2016 ada 47 mahasiswa. Setelah analisis dilakukan, didapatkan hasil dari dua komponen berpengaruh sebagai berikut : (1) Motivasi belajar mendapat nilai 90,18%, hasil tersebut menandakan bahwa pengaruh program Qaryah Arabiyyah terhadap motivasi belajar berada pada kategori 'berpengaruh', (2) Hasil Belajar mendapat nilai 86,26%, hasil tersebut menandakan bahwa pengaruh program Qaryah Arbiyyah terhadap hasil belajar berada pada kategori 'sangat berpengaruh'. Setelah dilakukan penghitungan interpretasi pada dua komponen tersebut, didapati hasil 88,22% untuk pengaruh program Qaryah Arabiyyah, hasil tersebut menandakan bahwa pelaksanaan Qaryah Arabiyyah berada pada kategori 'sangat berpengaruh'. Hasil Penelitian tersebut menunjukkan bahwa program Qaryah Arabiyyah adalah program yang bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar keterampilan berbahasa Arab mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta

Downloads

Published

2018-04-20

How to Cite

Setiadi, S., & Rahmawati, D. . (2018). Pengaruh Program Kampung Arab terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Al-Ma‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, Dan Sastra Arab, 15(1), 171–181. https://doi.org/10.21009/almakrifah.15.01.10