PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA
Keywords:
Pendidikan Karakter, budaya lokal, Masyarakat Adat, Karuhun UrangAbstract
Pendidikan di Indonesia memiliki kearifan lokal untuk membangun karakter siswa di era teknologi. Kearifan lokal sebagai salah satu bagian dari bahan ajar memiliki sumber belajar yang berasal dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kearifan lokal masyarakat Cigugur menjadi pendidikan karakter berbasis budaya lokal dalam pembelajaran sosiologi di SMA. Penelitian ini juga bertujuan untuk mensinergikan dan mengadaptasi budaya lokal yang mengandung pendidikan karakter ke dalam pembelajaran sosiologi di tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan berlokasi di Cigugur, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui FGD dengan 20 peserta, observasi, dan wawancara dengan tiga orang penganut Adat Karuhun Urang, seorang tokoh adat, dan tiga masyarakat cigugur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjumpaan sosial melalui kegiatan sosial berdasarkan momentum peristiwa dan kegiatan sosial sehari-hari masyarakat Cigugur merupakan salah satu faktor yang membuat kehidupan mereka berjalan harmonis dan toleran terhadap perbedaan. Masyarakat juga menunjukkan toleransi, kedamaian dan kerukunan sebagai budaya lokal berbasis memiliki fungsi positif dalam kehidupan mereka. Penerapan pendidikan karakter dari budaya lokal Cigugur dapat dilaksanakan secara terintegrasi dalam Sosiologi. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai pemetaan wacana tentang nilai-nilai budaya lokal dan aktualisasinya dapat diintegrasikan dalam pembelajaran sosiologi di tingkat SMA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.