PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA

  • Dian Rinantas Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Pendidikan di Indonesia memiliki kearifan lokal untuk membangun karakter siswa di era teknologi. Kearifan lokal sebagai salah satu bagian dari bahan ajar memiliki sumber belajar yang berasal dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kearifan lokal masyarakat Cigugur menjadi pendidikan karakter berbasis budaya lokal dalam pembelajaran sosiologi di SMA. Penelitian ini juga bertujuan untuk mensinergikan dan mengadaptasi budaya lokal yang mengandung pendidikan karakter ke dalam pembelajaran sosiologi di tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan   berlokasi di Cigugur, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui FGD dengan 20 peserta, observasi, dan wawancara dengan tiga orang penganut Adat Karuhun Urang, seorang tokoh adat, dan tiga masyarakat cigugur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjumpaan sosial melalui kegiatan sosial berdasarkan momentum peristiwa dan kegiatan sosial sehari-hari masyarakat Cigugur merupakan salah satu faktor yang membuat kehidupan mereka berjalan harmonis dan toleran terhadap perbedaan. Masyarakat juga menunjukkan toleransi, kedamaian dan kerukunan sebagai budaya lokal berbasis memiliki fungsi positif dalam kehidupan mereka. Penerapan pendidikan karakter dari budaya lokal Cigugur dapat dilaksanakan secara terintegrasi dalam Sosiologi. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai pemetaan wacana tentang nilai-nilai budaya lokal dan aktualisasinya dapat diintegrasikan dalam pembelajaran sosiologi di tingkat SMA.    

 

Published
2022-02-04
How to Cite
Rinantas, D. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA . Jurnal Diskursus Pendidikan Sosiologi, 2(2), 49-67. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdps/article/view/25923