RELASI MODAL SOSIAL DALAM EKONOMI DIGITAL

(Studi Kasus: 5 Pelaku Usaha Online)

Authors

  • BELINDA ALINSKA

Keywords:

Ekonomi digital, modal sosial, pelaku usaha online

Abstract

Era ekonomi digital saat ini menjadi sebuah tantangan baru bagi seorang pelaku usaha baik di bidang industri ataupun jasa. Era dimana sebuah kemudahan dalam melakukan sebuah interaksi ataupun transaksi menjadi salah satu hal yang terus diperhatikan baik bagi pelaku usaha ataupun konsumen. Saat ini pelaku usaha harus menyadari bahwa sebuah inovasi dalam usahanya harus terus berkembang selaras dengan permintaan dari konsumennya. Namun disamping inovasi yang harus berkembang seiring dengan perkembangan ekonomi digital, pelaku usaha juga harus memperhatikan tentang bagaimana modal sosial pada dasarnya menjadi salah satu komponen yang harus terus
dipertahankan di era ekonomi digital. Berdasarkan permasalahan yang ada, penelitian ini meneliti bagaimana bentuk dan kontribusi yang dimiliki 5 pelaku usaha sebagai pelaku usaha online?; Dan bagaimana relasi modal sosial 5 pelaku usaha online dalam ekonomi digital?Adapun pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus.

References

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Prenada Media Group.
Field, John. 2003. Modal Sosial (Penerjemah: Nurhadi). Bantul: Kreasi Wacana.
Lawang, Robert M. Z. 2005, Kapital Sosial dalam Perspektif Sosiologik. Jakarta: FISIP UI Press.
Rosyadi, Khoirul. 2018. “New Sosial Capital Dan Revolusi Industri 4.0”. Madura: Jurnal PAMATOR, Vol.11 51-53.
Sri S, Nyoman dan Ni Wayan W. 2018. “Transformasi Perilaku Konsumen Era Revolusi Industri 4.0”, Conference on Management and Behavioral Studies.
Wirabrata, Achmad. (2016). “Prospek Ekonomi Digital Bagi Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi”. Jakarta: Majalah Info Singkat Ekonomi dan Kebijakan Publik. Vol.VIII,No.17 13-16.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

BELINDA ALINSKA. (2020). RELASI MODAL SOSIAL DALAM EKONOMI DIGITAL: (Studi Kasus: 5 Pelaku Usaha Online). Jurnal Diskursus Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–28. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdps/article/view/43898