PENGARUH TINGKAT DISIPLIN DAN TINGKAT PENCAPAIAN NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA GONZAGA

Authors

  • IRENEUS MARIO

Keywords:

Disiplin, pencapaian nilai karakter, hasil belajar, peserta didik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan sejauh mana pengaruh tingkat disiplin dan tingkat pencapaian nilai karakter terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Gonzaga. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama, kekuatan hubungan tingkat disiplin terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan angka 0,304. Kedua, kekuatan hubungan tingkat pencapaian nilai karakter terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan angka 0,399. Ketiga, kekuatan hubungan tingkat disiplin dan tingkat pencapaian nilai karakter terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan angka 0,425. Hal ini dapat dilihat dari pengawasan yang dilakukan secara berjenjang dari segala arah, hingga adanya unsur paksaan dalam menerapkan nilai karakter dan tata tertib sekolah. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik dapat maksimal melalui proses pendisiplinan di sekolah.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Durkheim, Emile. 1990. Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan (Terj.). Jakarta: Erlangga.
Foucault, Michel. 2012. Discipline and Punish (Terj.). New York: Vintage Book.
Hasan, Said Hamid, dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Lickona, Thomas. 2016. Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab? (Terj.). Jakarta: Bumi Aksara.
Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder Edisi Revisi II. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Pendidikan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukum, dan Seksualitas. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Neuman, W. Lawrence. 2019. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi VII (Terj.). Jakarta: Indeks.
SMA Kolese Gonzaga. 2012. Bangsa yang Lalai. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

IRENEUS MARIO. (2024). PENGARUH TINGKAT DISIPLIN DAN TINGKAT PENCAPAIAN NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA GONZAGA. Jurnal Diskursus Pendidikan Sosiologi, 1(1), 47–62. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdps/article/view/43911