PENGARUH TINGKAT DISIPLIN DAN TINGKAT PENCAPAIAN NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA GONZAGA
Keywords:
Disiplin, pencapaian nilai karakter, hasil belajar, peserta didikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan sejauh mana pengaruh tingkat disiplin dan tingkat pencapaian nilai karakter terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Gonzaga. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama, kekuatan hubungan tingkat disiplin terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan angka 0,304. Kedua, kekuatan hubungan tingkat pencapaian nilai karakter terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan angka 0,399. Ketiga, kekuatan hubungan tingkat disiplin dan tingkat pencapaian nilai karakter terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan angka 0,425. Hal ini dapat dilihat dari pengawasan yang dilakukan secara berjenjang dari segala arah, hingga adanya unsur paksaan dalam menerapkan nilai karakter dan tata tertib sekolah. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik dapat maksimal melalui proses pendisiplinan di sekolah.
References
Durkheim, Emile. 1990. Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan (Terj.). Jakarta: Erlangga.
Foucault, Michel. 2012. Discipline and Punish (Terj.). New York: Vintage Book.
Hasan, Said Hamid, dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Lickona, Thomas. 2016. Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab? (Terj.). Jakarta: Bumi Aksara.
Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder Edisi Revisi II. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Pendidikan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukum, dan Seksualitas. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Neuman, W. Lawrence. 2019. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi VII (Terj.). Jakarta: Indeks.
SMA Kolese Gonzaga. 2012. Bangsa yang Lalai. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.