Pentingnya Kemampuan Analisis Sosiologis dalam Penggunaan Tiktok Terhadap Politik bagi Gen Z
Keywords:
Gen Z, Sosiologi, Politik, Media.Abstract
Melesatnya perkembangan tiktok semakin meluas dalam segala bidang seperti pendidikan, ekonomi, bahkan politik. Dalam konteks politik, kemudahan yang diberikan oleh TikTok telah mendorong politisi Indonesia untuk meningkatkan pemanfaatan TikTok sebagai sarana untuk mengembangkan jaringan politik. Sebagai pengguna teknologi, Gen Z harus mampu secara selektif dalam menerima informasi melalui konten-konten yang dibuat oleh buzzer politik. Kemampuan dalam menyeleksi informasi di media tentunya bukanlah suatu hal yang mudah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kontribusi ilmu sosiologi bagi Gen Z dalam melihat fungsi tiktok dalam bidang politik. Tulisan ini akan melihat bagaimana korelasi media terhadap politik dalam aspek sosiologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur yaitu metode yan fokus pada analisis, sintesis, dan evaluasi berbagai sumber literatur yang relevan dengan topik yang diteliti. Berdasarkan analisis dan diskusi yang telah dilakukan oleh penulis dapat ditemukan bahwa Gen Z membutuhkan kemampuan analisis sosiologis yang baik dalam penggunaan tiktok untuk politik. Kemampuan tersebut membantu mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari solusi untuk berbagai masalah sosial yang dihadapi masyarakat khususnya memahami dinamika perubahan sosial yang sedang berlangsung atau yang akan dating. Mengingat Tiktok sebagai media saat ini untuk menyampaikan pernyataan, kebijakan, dan segala hal yang berkaitan dengan public. Ini menuntut Gen Z mampu secara selektif untuk memilih informasi. Kemampuan analisis sosiologis ini tentunya dapat ditemukan dari proses pembelajaran sosiologi di SMA yang mana siswa akan diajarkan bagaimana cara agar mampu bertahan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.
References
Agung Purnomo, Nur Asitah, Elsa Rosyidah, Andre Septianto,Margi DwiDaryanti, M. F. (2019). “GENERASI Z SEBAGAI GENERASI WIRAUSAHA”.
Ai Rida Himatul Aliah & Muhammad Nurfazri, “TikTok as a Media for Self-Existence among Gen Z in the Middle of the Covid-19 Pandemic”, Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Volume 4/ No.1/Tahun 2023/Hal. 49 - 65. Doi: https://doi.org/10.23917/sosial.v4i1.1706 Https://journals2.ums.ac.id/index.php/sosial/article/view/1706
Akhmad Shalahuddien, - (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FOTO HITAM PUTIH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 CISARUA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sosiologi terhadap Siswa kelas X SMAN 1 Cisarua Kab. Bandung Barat). S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/47288
Atmajaya, D., Yudha, M. A., & Nofirda, F. A. (2023). Analisis Perilaku Konsumen dan Perlindungan Konsumen dalam Penggunaan Media Tiktok pada Generasi Gen Z. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31141–31143. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12079 https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12079
Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Fase E – Fase F untuk SMA/MA/Program Paket C. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Baumant, Z., & May, T. (2001a). Thinking Sociologically.
Busyairi Ahmad, M. Saleh Laha , Penerapan Studi Lapangan dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah (Studi Kasus pada Mahasiswa Sosiologi IISIP Yapis Biak), Jurnal Nalar Pendidikan Volume 8, Nomor 1, Jan-Jun 2020, hal. 63 – 72 https://pdfs.semanticscholar.org/77b6/c94356255219966f6e1f841959fd024611fa.pdf
Firdaus, S., Naila, N., Pramesti, A. D., Sari, C. K., Azzahra, D. F., & Angela, D. (2023). Tiktok Sebagai Media Sosial dalam Melakukan Kritik terhadap Pembangunan di Lampung. Indonesian Journal of Social Development, 1(2), 13. https://doi.org/10.47134/jsd.v1i2.1882 https://journal.pubmedia.id/index.php/jsd/article/view/1882
Fitriani, Y. (2021). “Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital”. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006-1013.
Hafizd, J., Nurfalah, F. S., Ramadhan, M. A. P., Kaerudin, P., & Elok, K. (2023). Peran Media Sosial dalam Penyampaian Aspirasi Masyarakat untuk Perubahan yang Lebih Baik. Strata Social and Humanities Studies, 1(2), 147–155. https://doi.org/10.59631/sshs.v1i2.108 https://journals.stratapersada.com/index.php/sshs/article/view/108
Harisan Boni Firmando (2021), KHARISMA KEPEMIMPINAN TOKOH AGAMA PADA MASYARAKAT BATAK TOBA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN GEREJA DI TAPANULI BAHAGIAN UTARA (ANALISIS SOSIOLOGIS), Studia Sosia Religia (Jurnal Studi Agama-agama), Volume 4 Nomor 1, Januari-Juni 2021/Hal. 14-27.DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ssr.v4i1.9549https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ssr/article/view/9549
Haryanti, A. (2022). Pengantar Sosiologi Politik. Pascal Books
Ichwanusafa, R., & Aji, M. P. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Generasi Z di UPN Veteran Jakarta. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4).
Illahi, N., & Aditia, R. (2022). Analisis Sosiologis Fenomena dan Realitas Pada Masyarakat Siber. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(2), 75https://doi.org/10.37676/mude.v1i2.2217https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/view/2217
Ilyas, A., Pilo, N., & Mahmud, H. (2022). Perspektif Pendidikan Islam Tentang Manajemen Perubahan Untuk Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Management Science (JMS), 3(2), 200-207.
Kamindang, I., & Amijaya, M. (2024). TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK AKTOR PARTAI POLITIK DI KOTA PALU. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 9(1), 1-15.
Kerin, S. M., & Musadad, A. (2022). “Pengaruh Digital Marketing dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo di Kota Cirebon”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 498-510.
Kerin, S., & Musadad, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo di Kota Cirebon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Volume 8/Nomor 17/Tahun 2022/Hal. 498-510. https://doi.org/10.5281/zenodo.7080641https://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/2279
Kusumawardani, V., & Cahyanto, B. (2023). Fenomena Buzzer dan Pilihan Politik Bagi Gen-Z pada Pilpres 2024 dalam Perspekstif Agenda Setting. PROMEDIA (PUBLIC RELATION DAN MEDIA KOMUNIKASI), 9(2).
Lestari, A. I., Rahayu, N. N., & Setiawati, R. (2022). Efektivitas Media Sosial Tiktok Terhadap Personal Branding Ganjar Pranowo Pada Masyarakat Jawa Tengah.
Mahlani, Abustani Ilyas, Nashiruddin Pilo & Hasibuddin Mahmud (2022), “Perspektif Pendidikan Islam Tentang Manajemen Perubahan Untuk Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam”, Journal of Management Science (JMS), Volume 3/Nomor 2/Tahun 2022/Hal. 200 - 227. DOI: https://doi.org/10.33096/jms.v3i2.1105 https://pasca-umi.ac.id/index.php/jms/article/view/1105
Mangngasing, N. ., Haryono, D. ., Nuraisyah, N., Nasrullah, N., & Indriani, N. . (2023). SOSIALISASI PENINGKATAN KETERLIBATAN PEMILIH PEMULA PADA PEMILU 2024 DI KECAMATAN SARJO. Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), 2(2), 49–62. https://doi.org/10.47353/sikemas.v2i2.1281https://www.publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIKEMAS/article/view/1281
Martiana, A. (2015). Pendidikan sebagai alat perubahan. 13.
Marvelyn Christabella & Wulan Purnama Sari, “Pengaruh EPIC Model terhadap Pembentukan Perilaku Konsumtif Generasi Z (Studi Iklan Racun Shopee Pada Aplikasi TikTok)”, Prologia, Vol. 6, No. 2, Oktober 2022, Hal 280-287.https://scholar.archive.org/work/wax2os276rdo7fhm7g52eokezm/access/wayback/https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/download/15455/12647
Masrizal. (2011). “MIXED METHOD RESEARCH”. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6.
Mazrieva, Eva. 2021. “Netizen Indonesia Dinilai Tak Beradab, Pakar Serukan Pemerintah Atur Perusahaan Medsos.” Voaindonesia.Com.
Nihayatul Hidayah, Wildan Prima Putra, PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATAPELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SERTA HASIL BELAJAR SISWA KELAS X FILIAL SMA KERTANEGARA MALANG, Pedagogia (Jurnal Ilmu Pendidikan), Vol 16, No 1 (2018)/Hal. 25 - 34.DOI: https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.9081 https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/9081
Nora Eka Putri (2017), “Dampak literasi politik terhadap partisipasi pemilih dalam pemilu”, Jurnal Agregasi (Aksi Reformasi Government dalam Demokrasi), Volume 5/Nomor 1/Tahun 2017/Hal. 1 - 115, doi:10.34010/AGREGASI.V5I1.219. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/agregasi/article/view/219
Nugroho, H. (2012). “DEMOKRASI DAN DEMOKRATISASI: SEBUAH KERANGKA KONSEPTUAL UNTUK MEMAHAMI DINAMIKA SOSIAL-POLITIK DI INDONESIA”. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 1.
Nurul, Mustaqimmah (2021) “Konsep diri generasi Z pengguna aplikasi tiktok di Kabupaten Rokan Hulu”, Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, Volume 9/Nomor 2/Tahun 2021/Hal. 148-166. http://repository.univrab.ac.id/23/
Pasaribu, P. (2017). “Peranan Partai Politik dalam Melaksanakan Pendidikan Politik. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik”, 5.
Prayudi. (2016). “PENYELENGGARAAN PILKADA DAN LEMAHNYA SIRKULASI ELIT POLITIK LOKAL”. Kajian, 4.
Putri1, N. E. (2017). “DAMPAK LITERASI POLITIK TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH DALAM PEMILU”. Agregasi, 5.
QISTYN, (2023) Konflik Sosial Dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas.
Qurratul Ain Adinda Sari & Yuli Candrasari (2023), “Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Informasi Politik Generasi Z”, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Volume 9/Nomor 21/Tahun 2023/Hal. 568 - 578. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10081522https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/7043
rawan, S. A., & Lexianingrum, S. R. P. (2024). Analisis Lagu ‘Oke Gas’ Dalam Meningkatkan Reputasi Prabowo-Gibran di Kalangan Gen Z. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, Volume 2/Nomor 3/Tahun 2024/Hal. 346–356. http://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/753
Rifki Ichwanusafa & Muhammad Prakoso Aji (2024), “Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Generasi Z di UPN Veteran Jakarta”, Jurnal Madani (Jurnal Ilmiah Multidisiplin), Volume 2/Nomor 4/May 2024/Hal 329-337. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.11199238
Ryan, V. R. (1995). A Guide To Sociological Thinking. Sage Publication.
Sari, Q. A. A., & Candrasari, Y. (2023). “Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Informasi Politik Generasi Z”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 568-578.
Sari, Q. A. A., & Candrasari, Y. (2023). Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Informasi Politik Generasi Z. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 568-578.
Siti Shariyah Shaari, J. A. B. & M. F. M. J. 2017. “ANALISIS KEBERKESANAN SUBJEK HUBUNGAN ETNIK SEBAGAI PENCETUS LITERASI POLITIK: KAJIAN KE ATAS MAHASISWA UNIKL MIIT”. Journal of Social Sciences and Humanities, 2.
Subekti, H. (2024). “Politik Satir Di Tiktok: Pengaruh Konten Somasi Deddy Corbuzer Dan Kritik Bintang Emon Terhadap Respon Emosional Mahasiswa Ilmu Politik UIN Ar-Raniry” (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan).
Sunaryo, S., Astutiningsih, S., Wahyono, S., & Adani, P. (2023). STRATEGI PEMASARAN WELLNESS TOURISM MELALUI MEDIA SOSIAL. Jurnal Analis Kebijakan, 7(1), 87-102. https://doi.org/https://doi.org/10.37145/jak.v7i1.614http://jurnalpusaka.lan.go.id/index.php/jurnalpusaka/article/view/614
Sunaryo, S., Astutiningsih, S., Wahyono, S., & Adani, P. S. (2023). “WELLNESS TOURISM MARKETING STRATEGY THROUGH SOCIAL MEDIA”. Jurnal Analis Kebijakan, 7(1), 87-102.
Syalwa Navya Mawardha, Amilus Puji Lestari, & Aghis Arwa Bekti. (2023). PERUBAHAN SOSIAL DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA PERILAKU JAM TIDUR GENERASI Z. Jurnal Socia Logica, 3(4), 164–174. https://doi.org/10.572349/socialogica.v3i4.1526 https://www.jurnal.anfa.co.id/index.php/JurnalSociaLogica/article/view/1526
Tanaya, D. R., & Rudiarto, I. (2014). “Potensi pengembangan ekowisata berbasis masyarakat di kawasan Rawa Pening, Kabupaten Semarang. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota)”, 3(1), 71-81.
Wardani, A., Hayati, K., Suprayitno, D., & Hartanto, H. (2023). Gen Z dan Empat Pilar Literasi Digital . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3995-4002. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1962 https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1962
Wulandari, N., & Lexianingrum, S. R. P. (2024). Konten Tentang Prabowo pada Akun Tiktok Partai Gerindra Dalam Memebentuk Opini Gen-Z Dalam Memilih 02. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(5), 337–344 http://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/857
Yuni Fitriani, “Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital”, JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), Volume 5/ Nomor 4/November 2021/ Hal. 1006-1013. DOI: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609 https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/609
Yuri, Gitta Fadhila (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS REMAJA GENERASI Z. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/30667/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.