Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Efikasi Diri Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi
Keywords:
pola asuh orang tua, efikasi diri, penyelesaian skripsiAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan efikasi diri mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei atau angket dengan fokus pola asuh orang tua (X) sebagai variable bebas dan tingkat efikasi diri mahasiswa (Y) sebagai variable terikat. Lokasi penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta dengan durasi penelitian dimulai pada bulan September 2023 – Desember 2023. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah penentuan sampel memakai Rumus Slovin dan menghasilkan 108 responden. Pengolah data penelitian menggunakan analisis korelasi Rank Spearman dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis perhitungan korelasi Rank Spearman diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang menyatakan adanya hubungan, dengan nilai koefisien korelasinya sebesar -0,481. Kontribusi hubungan variabel pola asuh terhadap variabel efikasi diri dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,231 atau 23,1%. Oleh karena itu, Ha atau hipotesis alternaitf penelitian diterima, yaitu terdapat hubunganpola asuh dan Efikasi diri.
References
Alifah, Nabilah Nur. (2023, Februari 17). Program Studi dengan Mahasiswa Drop Out Terbanyak di Indonesia 2021, (https://goodstats.id/article/jurusan-kuliah-dengan-mahasiswa-do-terbanyak-2021-2Z8VD), diakses pada 15 September 2023.
Awaru, A. Octamaya Tenri. Sosiologi Keluarga. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.
Bandura, Albert. Self-efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press, 1995.
Baron, Robert A. Behavior in Organization, Eight Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc, 2003.
Batubara, Megawati, Auliani Meidina, dan Shahnaz Salsabila Rahman. 2022. Kontribusi Dukungan Sosial Dosen Pembimbing dan Orang Tua Terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Indonesian Psychological Research, 4(2), 71-77.
Clara, Evy dan Ajeng Agrita Dwikasih Wardani. Sosiologi Keluarga. Jakarta: UNJ Press, 2020.
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: Sage Publications Inc, 2009.
Feist, Jess dan Gregory Feist. Teori Kepribadian. (Smitha Prathita Sjahputri Terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika, 2011.
Fitasari, Ni Putu Diah, dkk. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri sebagai Intervening. International Jurnal of Elementary Education, 3(2), 404-412.
Fitriyah, Lina Arifah, etal. Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi. Jombang: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang, 2019.
Friedman, Howard S. dan Miriam W. Schustack. Kepribadian: Teori Klasik dan Riset Modern. (Fransiska, Maria Hany, Andreas Provita, Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga, 2008.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.
Hanafiah, Adang Sutedja, dan Iskandar Ahmaddien. Pengantar Statistika. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2020.
Jaya, Dwi Putri Candra. 2018. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Sefl-Efficacy Pada Remaja Awal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(1), 2455-2466.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Statistik Pendidikan Tinggi 2020. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, 2020.
Laksmi, Putu Putri Dena dkk. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 81-87.
Latief, Dylla Monica & Kusnarto Kurniawan. 2021. Pola Asuh Orang Tua dan Efikasi Diri Memengaruhi Motivasi dalam Menyelesaikan Skripsi. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 97-108.
Leasandi, Azkya M & Rose M.A. 2020. Pengaruh Gaya Pengasuhan Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Keputusan Karir Siswa SMK Melalui Trait Kecerdasan Emosi sebagai Variabel Mediator. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 13(2), 86-112.
Lestari, Sri. Psikologi Keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Mahmud, Heri Gunawan, dan Yuyun. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga: Sebuah Panduan Lengkap bagi Para Guru, Orang Tua, dan Calon. Jakarta: Akademia Permata, 2013.
Maliki, Zainudin. Rekonstruksi Teori Sosial Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.
Masud, Hamid dkk. 2016. Relationship Between Parenting Styles and Academic Performance of Adolescents: Mediating Role of Self-efficacy. Asia Pacific Education Review, 17(1), 121-131.
Muslich, Masnur dan Maryaeni. Bagaimana Menulis Skripsi?. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Neuman, W. Lawrence. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Indeks, 2015.
Nuryadi etal. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media, 2017.
Pangestu, Chairunnisa, Hieronimus Sujati, & Herwin Herwin. 2020. Pengaruh Self Efficacy dan Pengasuhan Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Foundasia, 11(1), 35-42.
Preston, Melly. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ayah dan Ibu Terhadap Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karier yang Dimediasai oleh Kepribadian Proaktif Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Tesis, Fakultas Psikologi. Depok: Universitas Indonesia.
Putri, Adel Andila. (2023, Agustus 31). Krisis Literasi di Indonesia, Masih Perlu Ditingkatkan, (https://goodstats.id/article/krisis-literasi-di-indonesia-masih-perlu-ditingkatkan-lagi-j7MHB), diakses pada 15 September 2023.
Santrock, John W. Perkembangan Anak Edisi 11. Jakarta: Erlangga, 2009.
Saragih, Fernando. (2019). Efek Mediasi Serial Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Pada Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN Se-Kabupaten Purwakarta. Tesis, Fakultas Pendidikan Ekonomi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Semiun, Yustinus. Teori-Teori Kepribadian Behavioristik. Yogyakarta: PT Kanisus, 2020.
Seroussi, Dominique-Esther & Yosi Yaffe. 2020. Links Between Israeli College Students Self- Regulated Learning and Their Recollections of Their Parents’ Parenting Styles. Journal of Family Issues (Sage Open), 10(1), 1-11.
Soemanto, R.B. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sujono. 2014. Hubungan Antara Efikasi Diri (Self Efficacy) dengan Problem Focused dalam Proses Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa FMIPA UNMUL. Jurnal Psikologi, 2(3), 67-71.
Sunarto, Kamanto. Pengantar Sosiologi Edisi Revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, 2004.
Syahrum dan Salim. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media, 2012.
Thoha, Chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
Tim Penyusun Penulisan Pedoman. Buku Pedoman Penulisan Skripsi, Laporan PKL, dan Penulisan Karya Ilmiah FIS UNJ. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2020.
Ulya, Nadia dan Raden Rachmy Diana. 2021. Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Meninkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 304-313.
Widiyanti, A.A. Mas Diah & Adijanti Marheni. 2013. Perbedaan Efikasi Diri Berdasarkan Tipe Pola Asuh Orangtua Pada Remaja Tengah di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 171-180.
Widyawati. (2018, Juli 31). Pentingnya Pola Asuh Tepat untuk Membentuk Kepribadian Anak, (https://www.kemkes.go.id/id/rilis-kesehatan/pentingnya-pola-asuh-tepat-membentuk-kepribadian-anak), diakses pada 9 Januari 2024.
Yuliani, Fitri. (2019). Perbedaan Tingkat Kemandirian dan Kepercayaan Diri Anak Prasekolah (4-5 Tahun) Berdasarkan Tipe Pola Asuh Orangtua. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.