Konsumerisme Pada Penggemar K-Pop di Era Ekonomi Digital Berbasis Autobase Twitter

Authors

  • Fathya Yasmin Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Konsumerisme, Penggemar K-Pop, Merchandise, Kemajuan Teknologi

Abstract

Penelitian ini memilki tujuan untuk mendeskripsikan fenomena konsumerisme penggemar boy group NCT di era ekonomi digital khususnya dalam basis akun jenis autobase @nctzenbase. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan juga studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran boy group NCT dalam kehidupan penggemar dimaknai sebagai sumber kebahagiaan serta dukungan secara emosional, memberikan motivasi dan inspirasi serta sebagai tempat pelarian. Keterikatan emosional yang terjalin antara penggemar K-Pop dengan sang idola menjadi salah satu faktor pendorong yang membuat penggemar rela menggeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai macam merchandise sebagai bentuk dukungan kepada sang idola. Dalam hal ini, teknologi memberi kemudahan dan kepraktisan bagi penggemar K-Pop dalam mengonsumsi merchandise seperti album, photocard, boneka, dan lain sebagainya melalui menjamurnya platform belanja online ataupun media sosial. Seperti keberadaan akun autobase penggemar boy group NCT @nctzenbase yang memfasilitasi dan memudahkan para penggemar untuk saling berbagi informasi terkait jual beli khususnya merchandise boy group NCT. Kegiatan konsumsi yang dilakukan penggemar K-Pop memperlihatkan bagaimana logika konsumsi masyarakat bukan lagi didasarkan pada nilai guna (use value) melainkan nilai citra atau tanda (sign value) yang melekat pada barang konsumsi tersebut.

References

Almaida, R., Gumelar, S. A., & Laksmiwati, A. A. 2021. Dinamika psikologis fangirl K- Pop. Cognicia. Vol. 9(1), 17-24.
Amanda, N. A. J. 2022. Analisis Fenomena Fandom K-Pop dalam kajian Hubungan Parasosial: Literatur Review. Jurnal Psimawa. Vol. 5(2), 86-90.
Ambronsius, L. I., & Abdul Rahman. 2022. Menganalisis Pengaruh Platform Twitter Sebagai Alat Komunikasi Kpopers dalam Berspesialisasi Penyebaran Informasi. Pinisi Journal of Art, Humanity, & Social Studies. Vol. 2(6), 234-240
Ananda, M., Hadi, N., & Meiji, N. H. P. 2021. Di Balik Perilaku Konsumtif NCTZEN dalam Pembelian Merchaindise NCT (Studi Kasus Komunitas NCTzen Malang). Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 1(9), 1011-1026
Andina, A. N. 2019. Hedonisme Berbalut Cinta dalam Musik K-Pop. Syntax. Vol. 1(8), 39-49
Apriliani, I., Muharsih, L., & Rohayati, N. 2021. Fanatisme dan perilaku konsumtif pada komunitas penggemar K-Pop di Karawang. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang. Vol. 1(1), 75-84.
Bakti, I. S., Nirzalin, N., & Alwi, A. 2019. Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi). Vol. 13(2), 147-166
Baudrillard, J. 1981. For a Critique of the Political Economy of the Sign, Trans. Charles Levin. St. Louis: Telos Press
Baudrillard, J. 1998. The consumer society: Myths and structures. Bonhill Street: Sage Publications
Baudrillard, J. P. 2013. Masyarakat Konsumsi, Terjemahan Wahyuno Yogyakarta: Kreasi Wacana
Cahyani, D., & Purnamasari, Y. 2019. Celebrity worship on early adult K-Pop fangirling. In 4th ASEAN Conference on Psychology, Counselling, and Humanities (ACPCH 2018). Vol. 304, 167-170.
Cha E. 2022 Nct Dream Brcomes Only Artist with 2 Million Seller Albums in 2022 as Candy Soars Past 1,2 Million Sales in Just 3 Days. Diakses pada 11 Mei 2023 https://www.soompi.com/article/1559586wpp/nct-dream-becomes-only-artist-with-3- million-seller-albums-in-2022-as-candy-soars-past-1-2-million-sales-in-just-3-days
Charistia, A. J., Matulessy, A., & Pratitis, N. 2022. Perilaku konsumtif ditinjau dari kontrol diri dan celebrity worship penggemar NCT. INNER: Journal of Psychological Research, Vol. 2(1), 96-107.
Cochoy, F., Licoppe, C., McIntyre, M. P., & Sörum, N. 2020. Digitalizing Consumer Society: Equipment and Devices of Digital Consumption. Journal of Cultural Economy. Vol. 13(1), 1-11.
Dalimunthe, S. F., Wahyuni, E. S., & Oktarina, A. 2022. Analisis Perilaku Konsumsi Penggemar K-Pop Berdasarkan Teori Konsumsi Al-Ghazali. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi. Vol. 1(2), 284-295.
Habib, M. M. 2018. Culture and consumerism in Jean Baudrillard: A postmodern perspective. Asian Social Science, Vol. 14(9)
Haq, S. W. 2019. Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner Korea. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 2(2).
Hufad, A., Nabilla, Z. P., Asyahida, F. N., & Lampung, K. B. 2020. Instagram Shopping Towards Consumers’ Consumptive Behavior: Factors and Effects to Indonesian Students. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 29(4), 4288 - 4295
Islam, R. C. 2017. Simulacra sebagai Kritik Atas Modernisme (Studi Analisis Atas Pemikiran Jean P. Baudrillard). Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, Vol. 2(1), 88-112.
Jati, W. R. 2015. Less cash society: Menakar mode konsumerisme baru kelas menengah Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, Vol. 14(2).
Javier, Faisal. 2023. Asal Film/Serial TV Paling Sering Ditonton. Diakses pada 11 Mei 2023 https://data.tempo.co/data/1618/beda-nasib-drakor-dan-K-Pop-di-pasar-hiburan-digital- indonesia
Jenol, A. 2020. K-Pop Fans’ Identity and The Meaning of Being a Fan. Thesis. Anthropology and Sociology Study Program University of Malaysia
Juditha, C. 2017. Memahami Struktur Jaringan Media Sosial sebagai Cara Strategis Periklanan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Pekommas, Vol. 2(1), 99-114.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2019. Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78%. Diakses pada 25 Agustus 2023 https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e- commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media
Maltby, J., Houran, J., & McCutcheon, L. E. 2003. A Clinical Interpretation of Attitudes and Behaviors Associated with Celebrity Worship. The Journal of nervous and mental disease. Vol. 191(1), 25-29.
Mihardja, J., & Paramita, S. 2018. Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Koneksi. Vol. 2(2), 393-400.
Mrad, M., & Cui, C. C. 2020. Comorbidity of Compulsive Buying and Brand Addiction: An Examination of Two Types of Addictive Consumption. Journal of Business Research. Vol. 113, 399-408.
MT, Monique Fiolitha. 2020. Peranan Teknologi Audiovisual dalam Fenomena Hallyu sebagai Budaya dan Gaya Hidup Remaja di Jakarta. Jurnal Dinamika Sosial Budaya. Vol. 22(2), 184-201.
Noza, C., & Primayanti, A. 2019. Pemanfaatan Akun Twitter@ Womanfeeds Sebagai Media Informasi Di kalangan Followersnya. eProceedings of Management. Vol. 6(3). 6404- 64011
Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. 2021. Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom KPop di Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 9(1), 42-54.
Pramadya, T. P., & Oktaviani, J. 2021. Korean Wave (Hallyu) dan Persepsi Kaum Muda di Indonesia: Peran Media dan Diplomasi Publik Korea Selatan. Insignia: Journal of International Relations. Vol. 8(1), 87-100.
Purnamasari, Dinda. 2017. Anak Muda Lebih Suka Serial Korea Ketimbang Sinetron. Diakses pada 10 Mei 2023 https://tirto.id/coSM
Purwanti, S. 2022. Melihat Dunia dengan Simulakra (Mengkaji Baudrillard dan Masyarakat Konsumsi). KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi. Vol. 11(2), 220-230.
Puspitasri, Maya Ayu. 2016. Spotify Resmi Masuk Indonesia. Diakses pada 25 Agustus 2023 https://bisnis.tempo.co/read/758145/spotify-resmi-masuk-indonesia
Putri, Aulia M. H. 2023. Penjualan Album Fisik K-Pop Catat Rekor, BTS Paling Atas. Diakses pada 11 Mei 2023 https://www.cnbcindonesia.com/research/20230105094124-128- 403000/penjualan-album-fisik-K-Pop-catat-rekor-bts-paling-atas
Rahayu, E. L. B., & Syam, N. 2021. Digitalisasi Aktivitas Jual Beli Di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora. Vol. 4(2), 672- 685.
Rahmah, Fina Nailur. 2022. Riset Mayoritas Responden Sebut K-Pop Bantu Hilangkan Stress. Diakses pada 10 April 2023 https://tirto.id/riset-mayoritas-responden-sebut-K-Pop- bantu-hilangkan-stres-gAoq
Roslan, S., Anggraini, D., & Minanda, A. 2018. Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Neo Societal. Vol. 3(2).
Rungsrisawat, S., Joemsittiprasert, W., & Jermsittiparsert, K. 2019. Factors Determining Consumer Buying Behaviour in Online Shopping. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Vol. 8(8).
Sadasri, L. M. 2021. Parasocial Relationship dengan Selebritas (Studi Kualitatif pada Praktik Penggunaan Fandom Applications). Jurnal Studi Pemuda. Vol. 10(2), 147-162.
Safaat, A. R., Bachtiar, F. R., & Zainal, N. A. 2022. Korean Pop Culture Sebagai Instrument Politik Luar Negeri Korea Selatan. Vox Populi. Vol. 5(2), 169-196.
Sajid. 2016. Social Media and its Role in Marketing, Journal Business and Economics, Vol. 7(1).
Salsabila, Z. F., & Muhd Ar. I. R. 2022. Pola Komunikasi Virtual Pengelolaan Autobase Twitter (Studi Media Sharing Real Life Things Pada Akun @bertanyarl). Jurnal Komunikasi. Vol. 14(1).
Setiawan, A. B. 2018. Revolusi bisnis berbasis platform sebagai penggerak ekonomi digital di Indonesia. Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Vol. 9(1), 61.
Singer, n. G., & hidayat, z. 2021. Influencing Factors in Fans' Consumer Behavior: BTS Meal Distribution in Indonesia. Journal of Distribution Science. Vol. 19(9)
Suyanto, Bagong. 2014. Sosiologi ekonomi: Kapitalisme dan konsumsi di era masyarakat post- modernisme. Jakarta: Prenada Media
Taan, Hapsawati. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja. Yogyakarta: Zahir Publishing
Umanailo, M. C. B., Nawawi, M., & Pulhehe, S. 2018. Konsumsi Menuju Konstruksi Masyarakat Konsumtif. Simulacra. Vol. 1(2).
Utami, I. W.2017. Perilaku konsumen. Surakarta: CV Pustaka bengawan
Valentina, A., & Istriyani, R. 2013. Gelombang Globalisasi ala Korea Selatan. Jurnal Pemikiran Sosiologi. Vol. 2(2).
Veronica, M., & Paramita, S. 2018. Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album K-Pop. Koneksi. Vol. 2(2).
Wahlen, S., & Laamanen, M. 2015. Consumption, Lifestyle and Social Movements. International Journal of Consumer Studies. Vol. 39(5).
Wardani, Agustin S. 2022. Warganet Indonesia Paling Ramai Bicarakan Soal K-Pop di Twitter. Diakses pada 11 Mei 2023
Wigati, P. A. 2014. Hermès Phenomenon: Social Identity Development Through Consumptive Behaviour as Reflected in Hermès. Doctoral Dissertation. English Study Program. Brawijaya University https://www.liputan6.com/tekno/read/4870876/warganet-indonesiapaling-ramai-bicarakan-soal-K-Pop-di-twitter

Published

2024-06-30

How to Cite

Yasmin, F. (2024). Konsumerisme Pada Penggemar K-Pop di Era Ekonomi Digital Berbasis Autobase Twitter . Jurnal Diskursus Pendidikan Sosiologi, 5(01), 22–43. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdps/article/view/46653