HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIKUM INSTALASI MOTOR LISTRIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK STUDI KASUS SMK KAPIN JAKARTA

  • arifin ramadhan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Suyitno Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Irzan Zakir Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Motivation to Study, Self-Discipline, Practice Learning Outcome, Motivasi Belajar, Disiplin Diri, Hasil Belajar Praktikum

Abstract

Motivation to study is the change of energy in an individual that can be signed with the emergence of feelings and reaction to reach goals. While self-discipline is a circumstance which form through a process that shows the values of self-confession, obedience, regularity, and orderliness to the applicable regulation, and to support good learning outcome should have motivation to study and also a good self-discipline. This study aim to find out the relation between motivation to study and self-discipline with the learning outcome in electrical motor installation subject. The population of this study is the whole electrical installation expertise program’s student in SMK Kapin. While the used sample is all the student who already got electrical motor installation subject as many as 60 students. The used method in this research is expost facto which used quantitative approach. The primary data is the motivation to study and self-discipline data, while the secondary data is the learning outcome data. The data analysis technique that used is hypothesis test and F-test that previously done prerequisite analysis test using normality test and linearity test.

The calculation result shows that the hypothesis test with 5% of significant level obtained rcount = 0,6 and rtable = 0,254, because rcount > rtable , then the Fcount =16,03 and Ftable = 3,15 which mean Fcount > Ftable so it can be concluded that there is a significant relation between the motivation to study and self- discipline with the learning outcome of electrical motor installation practice in electrical installation expertise SMK Kapin Jakarta.

ABTRAK

Motivasi belajar aSdalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Sedangkan disiplin diri adalah suatu kondisi yang terbentuk melalui proses yang menunjukan nilai-nilai pengakuan diri sendiri, ketaatan , kepatuhan, keteraturan, dan ketertiban kepada peraturan yang berlaku, dan untuk mendukung hasil belajar yang baik harus memiliki motivasi belajar dan disiplin diri yang baik juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan disiplin diri dengan hasil belajar praktikum siswa dalam mata pelajaran instalasi motor listrik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Kapin, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa yang sudah mendapatkan mata pelajaran instalasi motor listrik sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian primer adalah data motivasi belajar dan disiplin diri, sedangkan data sekunder adalah data hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dan uji-F yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas.

Hasil perhitungan menunjukan bahwa uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% di peroleh nilai rhitung = 0,6 dan nilai rtabel = 0,254, karena nilai rhitung > rtabel , kemudian nilai Fhitung sebesar 16,03 dan nilai Ftabel = 3,15 yang berarti Fhitung > Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin diri dengan hasil belajar praktikum instalasi motor listrik Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Kapin Jakarta .

Published
2020-03-13