HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK

  • Azza Muzayanah Pendidikan Teknik Elektro
  • Soeprijanto Pendidikan Teknik Elektro
  • Farried Wadjdi Pendidikan Teknik Elektro
Keywords: Students Perseption, Teacher Competence, Learning Achivements, Persepsi Siswa, Kompetensi Guru, Prestasi Belajar

Abstract

Abstract

The studies aims is show The relationship between students’s perception of pedagogy and profesional competence teachers with wtudetnts learning achivements (Case Studies on SMKN 26 Jakarta Package Expertse TIPTL grade X).

Studies is done in SMKN 26 Jakarta, held on June 2016. The quantitative metodology with survei by approach associative. The samples were 51 students that is the students on grade X. Is a technique random sampling used in the sample collection. Instrumen used to getting data of X variabel (students’s perception about competence teachers) in this reasherch is measured using likert scale while Y Variabel (learning achivements) taken from the value of student’s UAS. Data analysis technique start from find regression. The requirements of analysis of normaity test by test lilliforce and it shows that data is normal distribution. Then the hypotesis use the correlation product momment and obtain r 0,43 so that it can be said that X1 and X2 variable have positf relation with Y variable.

The result showed that value thitung greater than the ttabel (4,57 ˃ 2,009) with significant 0,05 standard, it show that H0 was refused so that can be concluced that there is a positive relationship between students’s perception of pedagogy and profesional competence teachers with studetnts learning achivements

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa mengenai kompetensi Pedagogik dan profesional guru dengan prestasi belajar siswa (studi kasus pada SMKN 26 Jakarta paket keahlian TIPTL kelas X).

Penelitian dilakukan di SMKN 26 Jakarta, dilaksanakan pada bulan Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan survei dengan pendekatan asosiatif. Sampel yang diteliti berjumlah 51 siswa yaitu siswa kelas X. Adalah teknik random sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel. Insturmen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Persepsi siswa mengenai kompetensi guru) dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala likert sedangkan variabel Y (Prestasi Belajar) diambil dari nilai UAS siswa. Teknik analisis data dimulai dari mencari persamaan regresi. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan di dapatkan menandakan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment dan diperoleh r sebesar 0,43 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel X1 dan X2 mempunyai hubungan yang poritif dengan variabel Y.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,57 ˃ 2,009) dengan taraf signifikan 0,05 yang artinya H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik dan profesional guru dengan prestasi belajar siswa.

Published
2022-06-03