PEMBUATAN TRAINER TROUBLESHOOTING INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI DI SMK NEGERI 5 JAKARTA

  • Henny Herdianti Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Soeprijanto Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Purwanto Gendroyono Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Trainer, Troubleshooting Instalasi Penerangan Listrik, Media of Learning, Media Pembelajaran

Abstract

Abstract

The purpose of this research is to make the design of an trainer Troubleshooting Instalasi Penerangan Listrik on the subjects of Electrical Lighting Installation for students of class XI. The method used is a method of research and development (R&D) with reference to instructional media development method proposed by Sadiman (1990). The process of collecting data through testing and observation of product trainer as well as a questionnaire study then analyzed by qualitative descriptive technique. The results of this research are the product trainer who has tested the feasibility as a media of learning. The results of the feasibility trainer, namely (1) Testing by subject matter experts expressed good or feasible with the acquisition percentage of feasibility worth of 72%, (2) Testing by media experts expressed very good or very feasible with the acquisition of the percentage of feasibility worth of 89.6%, and (3) Testing by the user in the form of two teachers expressed very good or very feasible with the acquisition of the percentage of feasibility worth of 93.2% and 30 students expressed a good or feasible with the acquisition of the percentage of feasibility worth of 82.32%. From the results of this research concluded that the trainer Troubleshooting Instalasi Penerangan Listrik can be used as a media of learning in subjects Electrical Lighting Installation class XI at SMK Negeri 5 Jakarta

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu membuat desain sebuah trainer Troubleshooting Instalasi Penerangan listrik pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan mengacu pada metode pengembangan media pembelajaran yang diajukan oleh Sadiman (1990). Proses pengumpulan data yaitu melalui pengujian dan pengamatan produk trainer serta angket penelitian yang kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah produk trainer yang telah diuji tingkat kelayakannya sebagai media pembelajaran. Kelayakan trainer berdasarkan hasil uji kelayakan, yaitu (1) Pengujian oleh ahli materi dinyatakan baik atau layak dengan perolehan persentase kelayakan senilai 72%, (2) Pengujian oleh ahli media dinyatakan sangat baik atau sangat layak dengan perolehan persentase kelayakan senilai 89,6%, dan (3) Pengujian oleh pengguna berupa 2 orang guru dinyatakan sangat baik atau sangat layak dengan perolehan persentase kelayakan senilai 93,2% dan 30 siswa dinyatakan baik atau layak dengan perolehan persentase kelayakansenilai 82,32%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa trainer Troubleshooting Instalasi Penerangan Listrik dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik kelas XI di SMK Negeri 5 Jakarta

Published
2020-03-20