PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEORI MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DENGAN SOFTWARE ECTS DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.21009/JEVET.0032.03Keywords:
Perbedaan Hasil Belajar Teori, Software ECTS, Metode Pembelajaran Konvensional, The Differences of The Theory Learning Results, ECTS Software, Conventional Learning MethodsAbstract
Purpose of this research to determine the effect of learning media EKTS on learning outcomes. The type of research is quantitative research, with experimental quasy method. In the study used two groups to be studied, namely the experimental group treated with the given learning media with EKTS and the other group was treated by not providing EKTS learning media. The data collection process is done by post-test in both classes. The collected data will be processed by t-test after the data meets the normal and homogeneous requirements.
The results of this research, show that in the pre-test research obtained the tcount<ttable, that is -2,21< 2,001 with the signification value amout 5%. While, in the post-test research obtained the tcount> ttable, that is 4,41>2,001 with the signification value amount 5%. Then, the Ho is ignored and the Hi is accepted, which means that there are some differences between the results of the post-test by the experiment class and the controlled class with the pre-test results by the experiment class and the controlled class. According to the T- test counting results, while conclude that there are differences between the theory learning results in the installation of electrical motor subject with ECTS software and the conventional methods of learning.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan software ECTS terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan meatode quasy eksperimental. Pada penelitian digunakan dua kelompok yang akan diteliti, yakni kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan diberikan media pembelajaran dengan software ECTS dan kelompok satu lagi diberi perlakuan dengan tidak memberikan media pembelajaran dengan software ECTS. Proses pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test pada kedua kelas. Data yang telah terkumpul akan diolah dengan uji-t setelah data memenuhi persyaratan normal dan homogen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada penelitian pre-testthitung< ttabel, yakni -2,21 < 2,001 dengan signifikansi 5%. Sedangkan pada penelitian post-testthitung ˃ ttabel, yakni 4,41 > 2,001dengan signifikansi 5%. Maka Ho ditolak dan Hi diterima yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar post-test kelas eksperimen dan kelas control dengan hasil belajar pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar teori matapelajaran Instalasi Motor Listrik dengan software ECTS dan metode pembelajaran konvesional.