HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/JEVET.0042.05Keywords:
Emotional Intelligence, Students, Learning Achievement, Kecerdasan Emosional, mahasiswa, Prestasi BelajarAbstract
As purposes of this research are to know the level of emotional intelligence, learning achievement, and the closeness of the relationship of emotional intelligence and learning achievement of students.This research is an ex-post facto study and use a quantitative approach. The population of this research is students of Electrical Engineering Education, Faculty of Engineering, State Univerisity of Jakarta, years generation of 2015, 2016, and 2017, with a sample of 141. The analysis data techniques use descriptive statistical techniques and product moment correlation.The result of this research, showed that level of emotional intelligence and learning achievement of students had a good result with the result of tcount variabel X = -0,00634 and the result of tcount variabel Y = 0.940 with ttable = ±1,65581. Then, the result of the analysis with product moment correlation obtained a value rcount = 0,331, then that result are compared with rtable = 0,165 with a significance level of 5% and N = 141. Because rcount>rtable then shows a positive and significant relationship between emotional intelligence and learning achievement of students.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan prestasi belajar, dan keeratan hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Univeristas Negeri Jakarta angkatan tahun 2015, 2016, dan 2017 dengan sampel sebanyak 141. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional dan prestasi belajar mahasiswa memiliki hasil yang baik dengan hasil thitung variabel X = -0,00634 dan hasil thitung variabel Y = 0,940 dengan ttabel = ±1,65581. Selanjutnya, hasil analisis dengan korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,331 kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,165 dengan taraf signifikansi 5% dan N=141. Karena rhitung>rtabel maka menunjukan hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa.