HUBUNGAN PENGGUNAAN YOUTUBE DALAM PENGUMPULAN TUGAS DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH MESIN ARUS SEARAH MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

  • Purnama Catur Pandini Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Mochammad Djaohar Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Hanifah Yuninda Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Youtube, Hasil Belajar, Mahasiswa, Use Youtube, Learning Outcomes, Students

Abstract

The development of technology with the presence of gadgets and the internet also affects the lifestyle of everyonr, youtube

as social media that can be used as as learning resource and task collection is able to provide additional information for the learning process and increase the ability of students to understand ability in the learning process of partical subject. In this researce using quantitative approach with descriptive correlational method. This research aims to determine the correlation application youtube in collection of tasks with learning outcomes direct current machine subject of Electrical Engineering Education Students in 110th semester. Youtube is currently the most important popular situs and almost various groups use youtube. The population in this research is the students in Electrical Engineering Education, Faculty of Engineering, State University of Jakarta who take direct current machine subject, while the sample in this study were

65 students. The results showed that hypothesis test with significant level 5% was obtained rcount = 0,151 and rtable = 0,244, because of the rcount < rtable it can be concluded that there was no significant correlation between the use of youtube with learning outcomes of Electrical Engineering Education students, State University of Jakarta who take direct current machine subject in 110th semester because in the direct current machine subject youtube s used as a media for task collection.

 

Abstrak

Berkembangnya teknologi dengan adanya gadget dan internet juga mempengaruhi gaya hidup setiap orang, youtube

sebagai media sosial yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan pengumpulan tugas mampu memberikan informasi tambahan untuk proses pembelajaran dan menambah kemampuan pemahaman mahasiswa dalam proses belajar mata kuliah praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan youtube dalam pengumpulan tugas dengan hasil belajar mata kuliah mesin arus searah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta pada semester 110. Youtube saat ini menjadi situs yang paling populer dan hampir berbagai kalangan menggunakan youtube. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektro yang mengambil mata kuliah mesin arus searah, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro semester 110 yang mengambil mata kuliah mesin arus searah. Teknik analisis yang digunakan adalah uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung = 0,151 dan nilai rtabel = 0,244, karena nilai rhitung < rtabel maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan youtube dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta yang mengambil mata kuliah mesin arus searah pada semester 110 karena dalam mata kuliah mesin arus searah youtube baru digunakan sebagai media pengumpulan tugas.

Published
2021-06-30