PERANCANGAN INSTALASI LISTRIK MENGGUNAKAN SOLAR CELL DI CIKARACAK ADVENTURE CAMP

  • Muhammad Fadhil Akkas
  • Imam Arief Rahardjo
  • Aris Sunawar
Keywords: Perancangan, Instalasi Listrik, PLTS, Panel Surya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perancangan PLTS off grid sebagai sumber listrik mandiri terpisah dengan sumber listrik dari PLN, sebagai pemanfaatan energi baru terbarukan di lokasi penelitian.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang meliputi analsis kebutuhan, perancangan, dan pengujian. Tetapi penelitian ini hanya sampai tahap perancangan dikarenakan keterbatasan biaya. Analisis kebutuhan didasarkan oleh masih bergantungnya sumber listrik Cikaracak Adventure Camp pada PLN sehingga dilakukan penelitian untuk membuat perancangan yang sesuai dengan beban yang akan ditangani di lokasi penelitian. Penelitian dilakukan dengan observasi lapangan yang bertujuan untuk menentukan beban yang akan ditangani oleh PLTS, setelah itu dilakukan studi literatur untuk mengetahui komponen apa saja yang digunakan, lalu membuat perhitungan serta membuat gambar wiring antar komponen dan juga wiring instalasi listrik pada lokasi penelitian.

Hasil penelitian perancangan instalasi listrik panel surya Cikaracak Adventure Camp dengan beban sebesar 2323 watt dan energi sebesar 12542 wh, didapatkan rancangan instalasi komponen PLTS yang sesuai dengan beban yang akan ditangani, dengan menggunakan spesifikasi komponen sebagai berikut: panel surya 300WP sebanyak 24 buah, SCC 60A, Baterai 48V 100Ah sebanyak 7 buah, dan inverter 48v 3000w, MCB DC 10A sebanyak 24 buah, MCB AC 10A 6A 4A masing masing 1 buah, dan berbagai macam kabel sesuai dengan kebutuhan. Dengan estimasi biaya sebesar Rp. 136.572.000. Dengan komponen tersebut diketahui bahwa dapat menangani beban yang ada dalam perancanaan ini dan diperoleh wiring antar komponen dan wiring instalasi listrik di Cikaracak Adventure Camp.

Published
2022-06-03