Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334Keywords:
Kata kunci: Penggunaan Media Visual 1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 Pembelajaran 3Abstract
ABSTRAK
Media visual yaitu alat peraga yang dipakai guru dalam peoses belajar mengajar sehingga dapat di nikmati oleh siswa melalui penglihatan atau panca indra mata. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa satu orang guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan tiga orang siswa kelas X Akuntansi. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan (1) antusiasme siswa dalam belajar mata pelajaran masih membutuhkan perhatian, tak lepas dari kendala baik kondisi kelas, maupun waktu belajar. Oleh karena itu guru harus mampu mengendalikan kelas agar keadaan kelas kembali terkendali dan siswa dapat belajar dengan konsentrasi, guru harus mampu membaca situasi kelas dengan baik. (2) Media visual dapat mempermudah guru dalam memberikan materi alam pembelajaran, media visual menampilkan gambaran konkret suatu materi, media visual juga dapat memusatkan motivasi siswa dalam belajar dan siswa mudah mengerti materi pelajaran, serta merangsang keaktifan siswa dalam belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran. (3) Media visual dapat memberikan gamabaran nyata suatu materi karena bukan hanya menampilkan teks, namun juga terdapat gambar, gerak, animasi yang menarik bagi siswa sehingga media visual agar dapat peningkatkan keinginan belajar mengajar siswa.
ABSTRACT
Visual media utilization in civic education learning. Visual media are visual aids used by the teacher in teaching and learning so that they can be enjoyed by students through vision or the five senses. This research is a descriptive qualitative research. The study was conducted at SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, South Tangerang. The subjects of this study were students of one teacher of Pancasila and Citizenship Education subjects and three students of class X Accounting. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. This research resulted in (1) the enthusiasm of students in learning subjects still requires attention, not free from constraints both in classroom conditions and learning time. Therefore the teacher must be able to control the class so that the classroom situation is back in control and students can learn with concentration, the teacher must be able to read the class situation well. (2) Visual media can facilitate teachers in providing natural learning material, visual media display concrete images of a material, visual media can also focus student motivation in learning and students easily understand subject matter, and stimulate student activity in learning Pancasila and Citizenship Education. (3) Visual media can provide a real picture of a material because it not only displays text, but there are also images, movements, animations that are interesting for students so that visual media can increase the desire to learn and teach students
References
Asnawir, B. U., & Usman, M. B. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Cogan, J., & Derricott, R. (Eds.). (2014). Citizenship for the 21st century: An international perspective on education. Routledge.
Djamarah., & Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Gall, M. D., Borg, R. W., & Gall, P. J. (1996). Educational research: An instruction. New York, White Plains: Longman.
Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Hamidi, J., & Lutfi, M. (2010). Civic education: antara realitas politik dan implementasi hukumnya. PT Gramedia Pustaka Utama.
Kirk, J., Miller, M. L., & Miller, M. L. (1986). Reliability and validity in qualitative research (Vol. 1). Sage.
Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Landasan Psikologi proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wahab, Abdul Aziz., Sapriya. (2007). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Winataputra, U. S. (2001). Model-model pembelajaran inovatif. Jakarta: PAU.