Penerapan Kompetensi Kewarganegaraan dalam Upaya Konservasi Ekosistem Laut Melalui Keterlibatan Maumere Diver Community

  • Ludovikus Bomans Wadu Universitas Kanjuruhan Malang
  • Andri Fransiskus Gultom Universitas Kanjuruhan Malang
  • Maria Regina Wesa Wunu Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Keterlibatan Warga Negara, Pembangunan Berkelanjutan

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah suatu mata pelajaran wajib yang  diterapkan disetiap jenjang Pendidikan di Indonesia agar dapat  mengarahkan peserta didik untuk menjadikan pribadi yang berintelektual maupun berakhlak mulia sesuai dengan asas bangsa Indonesia. Untuk mencapai misi tersebut maka dibutuhkan kompetensi kewarganegaraan. Tulisan ini bertujuan  menjelaskan penerapan PKn melalui Maumere Diver Community. Pendekatan kualitatif yang digunakan adalah kualitatif, jenis studi kasus, serta pada mengumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang termasuk dalam teknik triangulasi.berdasarkan hasil analisis data yakni reduksi, penyajian data, serta menarik kesimpulan bahwa penerapan PKn yang dilakukan memuat tiga kompetensi kewarganegaraan yakni kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Pada kompetensi pengetahuan warga negara diberi suatu edukasi tentang alam laut serta pengaruhnya bagi kehidupan mahkluk hidup serta pelatihan Diving. Maumere Diver Community menerapkan kompetensi sikap adalah dengan cara menajdi teladan bagi warga negara untuk menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan laut serta kelestariannya. Sedangkan pada kompetensi keterampilan, Maumere Diver Community berkolaborasi dengan komunitas Trash Hero dalam pengolahan sampah agar menambah nilai jual.

References

Abdillah, F. (Universitas P. I. (2015). Pengembangan Keterlibatan Warga Negara Melalui Penggalangan Dana Online Untuk Memupuk Tanggung Jawab Sosial Mahasiswa : Studi Grounded Theory Proyek Crowdfunding Bantu Baca di Kitabisa.com. Retrieved from http://repository.upi.edu/17879/

Blaskó, Z., Costa, P. D. da, & Vera-Toscano, E. (2019). Non-cognitive civic outcomes: How can education contribute? European evidence from the ICCS 2016 study. International Journal of Educational Research, 98, 366–378. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.07.005

Campo, A. G. Del, Gazzola, P., & Onyango, V. (2020). The mutualism of strategic environmental assessment and sustainable development goals. Environmental Impact Assessment Review, 82(November 2019), 106383. https://doi.org/10.1016/j.eiar.2020.106383

Chan, C. (2019). Using digital storytelling to facilitate critical thinking disposition in youth civic engagement: A randomized control trial. Children and Youth Services Review, 107, 104522. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104522

Chan, R. C. ., & Mak, W. W. . (2020). Empowerment for civic engagement and well-being in emerging adulthood: Evidence from cross-regional and cross-lagged analyses. Social Science and Medicine, 244, 112703. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2019.112703

Dusi, P., Steinbach, M., & Messetti, G. (2012). Citizenship Education in Multicultural Society: Teachers’ Practices. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69, 1410–1419. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.080

Egin, I. F., & Bryan, T. (2002). Citizenship studies: An introduction. Handbook on citizenship studies, 1-10.

Fukuda-Parr, S., & Muchhala, B. (2020). The Southern origins of sustainable development goals: Ideas, actors, aspirations. World Development, 126(September 2015), 104706. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.104706

Gusmadi, S. (2018). Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 105–117. https://doi.org/10.32923/maw.v9i1.718

Hassan, L., & Hamari, J. (2020). Gameful civic engagement: A review of the literature on gamification of e-participation. Government Information Quarterly, (June 2019), 101461. https://doi.org/10.1016/j.giq.2020.101461

Henryk, S. (2013). Partisipasi masyarakat dalam pembangunan di kelurahan sungai keledang kecamatan samarinda seberang kota samarinda. Journal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 612–625.

Hodgetts, D. J., & Stolte, O. M. E. (2012). Case-based research in community and social pychology: Introduction to the special issue. Journal of Community & Applied Social Psychology, 22, 379–389. doi: 10.1002/casp.2124

Jing, Z., & Wang, J. (2020). Sustainable development evaluation of the society–economy–environment in a resource-based city of China:A complex network approach. Journal of Cleaner Production, 121510. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.121510

Johanson, R. (2003). Case study methodology. International Conference “Methodolo-gies in Housing Research” organised by the Royal Institute of Technology in cooperation with the International Association of People–Environment Studies, Stockholm, 22–24 September 2003.

Kardiman, Y. (2014). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Kelompok Masyarakat. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 14(1), 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Komalasari, K. (2011). Kontribusi Pembelajaran Kontekstual untuk Pengembangan Kompetensi Kewarganegaraan Peserta Didik SMP di Jabar. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 27(1), 47–55. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/311/62

Mulyoto, G. P., & Samsuri. (2017). Pengaruh model project citizen dengan pendekatan saintifik terhadap penguasaan kompetensi kewarganegaraan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 105–118. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14566

Rahardian, A. H. (2016). Strategi Pembangunan Berkelanjutan. Prosiding Seminar STIAMI, III(01), 46–56. Retrieved from https://lfip.org/english/pdf/bali-seminar/Pembangunan Berkelanjutan - Daud Silalahi.pdf

Raharjo, Armawi, A., & Soerjo, D. (2017). Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 175–198. https://doi.org/10.22146/jkn.26457

Reichert, F., & Purta, J. T. (2019). A cross-national comparison of teachers’ beliefs about the aims of civic education in 12 countries: A person-centered analysis. Teaching and Teacher Education, 77, 112–125. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.09.005

Rogers, P. P., Jalal, K. F., & Boyd, J. A. (2012). An introduction to sustainable development. Earthscan, London

Stefaniak, A., Bilewicz, M., & Lewicka, M. (2017). The merits of teaching local history: Increased place attachment enhances civic engagement and social trust. Journal of Environmental Psychology, 51, 217–225. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2017.03.014

Suhardiyanto, A., & Saputro, I. H. (2017). Kontribusi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Upaya Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan di Era Globalisasi. Prosiding Semonar Nasional PKn-Unnes, 1(1), 9–14. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/14566/9490

Susanto, A. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pengembangan Kompetensi Kewarganegaraan (Civic Competences) Terhadap Kehidupan Demokrasi Siswa Kelas IX SMPN 1 Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014. Ilmu Pendidikan, 203.

Suyato, Murdiono, M., Mulyono, B., & Arpannudin, I. (2016). Upaya Pembentukan Warga Negara Yang Baik Dan Tantangan Yang Dihadapi Oleh Para Guru PKn Peserta SM3T 2015. Jurnal Civics, 13(2), 137–150. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/12737/pdf

Syahri, M. (2016). Bentuk – Bentuk Partisipasi Warga Negara Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup Berdasarkan Konsep Green Moral Di Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/3423/2415

Takkac, M., & Akdemir, A. S. (2012). Training Future Members of the World with an Understanding of Global Citizenship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 881–885. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.751

Visseren-hamakers, I. J. (2020). The 18 th Sustainable Development Goal. Earth System Governance, (xxxx), 100047. https://doi.org/10.1016/j.esg.2020.100047

Wadu, L.B, Gultom, A.F., Pantus, F. (2020). Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi : Bentuk Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 80-88. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9318

Wang, Y., Lu, Y., He, G., Wang, C., Yuan, J., & Cao, X. (2019). Spatial variability of sustainable development goals in China: A provincial level evaluation. Environmental Development, 100483. https://doi.org/10.1016/j.envdev.2019.100483

WCED (World Commission on Environment and Development) (1987) Our Common Future, Oxford University Press, Oxford

Winata, A., & Yuliana, E. (2010). Peran Masyarakat Pesisir Dalam Penerapan Strategi Konservasi Sumberdaya Laut ( Kasus Di Kelurahan Palabuhanratu , Kecamatan Palabuhanratu , Kabupaten Sukabumi ). Jurnal Matematika, Sains, Dan Teknologi, 11(2), 122–132. Retrieved from http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jmst/article/view/573/557

Wulandari, A. D., Arifien, M., & Suharini, E. (2018). Perilaku Peduli Lingkungan Masyarakat dalam Pengelolaan Desa Wisata Kandri Kecamatan Gunung Pati. Edu Geography, 6(3), 170–176. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo%25

Published
2021-04-25
How to Cite
Ludovikus Bomans Wadu, Gultom, A. F., & Wunu, M. R. W. (2021). Penerapan Kompetensi Kewarganegaraan dalam Upaya Konservasi Ekosistem Laut Melalui Keterlibatan Maumere Diver Community. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 20(2), 81-88. https://doi.org/10.21009/jimd.v20i2.17563