Penanaman pendidikan karakter di keluarga selama pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas 5 SDN Plumbon Tawangmangu

The character education implementation in the family during distance learning in fifth grade students of SDN Plumbon Tawangmangu.

  • Wachid Pratomo Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa
  • Nadziroh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Chairiyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Pendidikan Karakter, Character Education, Family, Distance Education, PJJ, Pembelajaran Jarak Jauh, Keluarga

Abstract

Abstract: Character is strongly influenced by the surrounding environment, the surrounding environment is able to influence good and bad characters in children. The family environment is a unit that is known for its very large role because the family has a very important function in the continuity of social life and the process of instilling values, especially during distance learning. This study aims to describe character education in the family environment during distance learning in fifth grade SD N Plumbon Tawangmangu. The method used in this research is descriptive qualitative. Data analysis techniques used data reduction, data presentation, and drawing conclusions and verification. The results of the collected data show that: Parents in providing character education during distance learning are given by direct example and habituation of good behavior in everyday life. Supporting factors include the existence of a cellphone to communicate with parents and family members at home while working. Constraints for  the busyness of the parents working, the teacher delivering the material monotonously, making the child not develop interest in learning and doing tasks, and the child's boredom makes it often play with friends and watch television for a long time so that they forget their obligations. Efforts to overcome obstacles the include using cellphones to communicate with family members at home, as well as providing good examples from parents and teachers.

 

Abstrak: Karakter sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, lingkungan sekitar mampu memengaruhi karakter baik dan buruk pada anak. Lingkungan keluarga merupakan unit yang terkenal peranannya sangat besar karena keluarga mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kelangsungan kehidupan bermasyarakat serta proses penanaman nilai terlebih disaat pembelajaran jarak jauh.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter di lingkungan keluarga selama pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas 5 SDN Plumbon Tawangmangu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil data yang terkumpul menunjukkan bahwa: Orang tua dalam memberikan pendidikan karakter selama pembelajaran jarak jauh diberikan dengan cara pemberian contoh secara langsung dan pembiasaan berperilaku baik di dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung antara lain adanya handphone untuk berkomunikasi orang tua dengan anggota keluarga di rumah selama bekerja. Kendala yang dihadapi adalah kesibukan orang tua bekerja, guru menyampaikan materi secara monoton serta sering bermain bersama teman dan menonton televisi dengan waktu yang lama sehingga lupa dengan kewajibannya. Upaya untuk mengatasi hambatan antara lain memanfaatkan handphone untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga yang berada di rumah, serta pemberian ketauladanan sdan contoh baik dari orang tua dan guru.

References

Abdul Halim, M. Nipan. (2010). Anak Soleh Dambaan Keluarga. Yogyakarta: Mira Pustaka.

Boentarsono, Ki B. et al. (2017). Buku Saku Tamansiswa Badan Perjuangan dan Pengembangan Mayarakat. Yogyakarta : Aditya Media.

Budiyono, Y. H., & Harmawati, Y. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan guru dan orang tua pada siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PPKn III (pp. 1-12).

Dagun, S. M. (1990). Peranan Ayah dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto & Suryatri, Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Dava Media.

Daryanto & Syaiful, Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media.

Karso, K. (2019, February). Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI PALEMBANG (Vol. 12, No. 01).

Koesoema, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta : PT. Grasindo.

Kurniawan, Faizal. (2020). Keluarga dan Budaya dalam Tinjauan Sosiologis. Jakarta: G4 Publishing.

Mahmud. et al. (2013). Pendidikan agama Islam dalam keluarga : sebuah panduan lengkap bagi guru, orang tua, dan calon. Jakarta : Akademia Permata.

Manuaba, Ida Ayu Chandianita. et al. (2009). Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi 2. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Mustoip, Sofyan., Muhammad, Japar., & Zulela, M.S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya : CV. Jakad Publishing Surabaya.

Pertiwi, Indah. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Saat Wabah Covid-19. Diakses pada http://lppm.unpam.ac.id/2020/05/28/ implementasi-pendidikan-karakter-saat-wabah-covid-19/ pada tanggal 1 September 2021.

Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalamperspektif Rancangan Penelitian.

Purandina, I.P.Y., dan Winaya, I.M.A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jayapangus Press. ISSN 2615-0913 (E) Vol. 3 No. 2.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. ARRIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar,Vol 2 No. 1.

Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990.

Santrock, W. J. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Setiardi, D., & Mubarok, H. (2017). Keluarga sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).

Simarmata, H. D. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga: Sebuah Perspektif. Jurnal Pendidikan Penabur, 16(29), 92-100.

Syarbini, A. (2016). Pendidikan karakter berbasis keluarga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widyaningsih, T. S., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai karakter pada siswa SMP dalam perspektif fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2).

Published
2022-04-19
How to Cite
Pratomo, W., Nadziroh, N., & Chairiyah, C. (2022). Penanaman pendidikan karakter di keluarga selama pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas 5 SDN Plumbon Tawangmangu. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 21(2), 93-99. https://doi.org/10.21009/jimd.v21i2.22436