Penguatan pendidikan karakter peserta didik melalui peraturan pondok pesantren di era 4.0

Strengthening the character education of students through the regulations of Islamic boarding schools in the 4.0 era.

Authors

  • Febra Anjar Kusuma Universitas Lampung
  • Nurhayati Universitas Lampung
  • Susilo Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.21009/jimd.v21i1.23046

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren, Pendidikan Era 4.0, Peraturan Pondok Pesantren

Abstract

 In the current era of the industrial revolution 4.0, strengthening character education is felt to be increasingly necessary, in addition to balancing changes that affect individual behavior, it is also one of the solutions that are considered the most appropriate in addressing moral problems and deviant behavior. This study provides an explanation of how the role of implementing regulations for Islamic boarding schools in shaping and strengthening the character of students/santri in Darul A'mal Islamic boarding schools. The results in this study indicate that the implementation of regulations in the Darul A'mal Islamic boarding school can be a solution to strengthen the character of the students/students in the boarding school. The characters in question are religious, disciplined, independent, polite, and responsible characters.

Abstrak Pada era revolusi industri 4.0 sekarang ini penguatan pendidikan karakter dirasa semakin perlu dilakukan, selain untuk menyeimbangkan perubahan yang mempengaruhi perilaku individu, juga menjadi salah satu solusi yang dianggap paling tepat dalam menyikapi permasalahan moral dan perilaku menyimpang. Penelitian ini memberikan penjelasan mengenai bagaimana peran dari implementasi peraturan pondok pesantren dalam membentuk dan memperkuat karakter peserta didik/santri di pondok pesantren Darul A’mal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.  Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi peraturan di pondok pesantren Darul A’mal dapat menjadi solusi untuk memperkuat karakter peserta didik/santri yang ada di dalam pondok. Adapun karakter yang dimaksud yakni karakter religius, disiplin, mandiri, dan tanggungjawab

 

References

Alfath, K. (2020). Pendidikan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Al-Manar, 9(1), 125-164.
Baharun, H., & Mahmudah, M. (2018). Konstruksi Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Pesantren. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 149-173.
Dahlan, Z. (2016). Internalisasi Pendidikan Karakter Perspektif Pesantren. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 155-172.
Gazali, E. (2018). Pesantren di antara generasi alfa dan tantangan dunia pendidikan era revolusi industri 4.0. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 94-109.
Hasan, N. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Pondok Pesantren Raoudhotut Tholibin Rembang Jawa Tengah. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(2), 92-110
Jannah, M. (2019). Metode dan strategi pembentukan karakter religius yang diterapkan di sdtq-t an najah pondok pesantren cindai alus martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77-102.
Maarif, M. A. (2018). Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1),
Mu’is, A. (2021). Manajemen Pengembangan SDM di Pondok Pesantren As-syafaah Kebonsari Jember. Fenomena, 20(1), 33-44.
Nopianti, R. (2018). Pendidikan Ahlak sebagai Dasar Pembentukan Karakter di Pondok Pesantren Sukamanah Tasikmalaya. Patanjala, 10(2), 291819.
Qosidah, S., Nurhadi, N., & Zuhri, I. M. (2019). Desain pendidikan karakter berbasis pondok pesantren; studi pondok pesantren al-karomah bali. Fenomena, 17(1).
Ramdhani, K., & Waluyo, K. E. (2019). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Internalisasi Karakter Di Pondok Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 1-15.
Risnawati, R., & Vitasari, R. A. (2020). Implikatur percakapan santri putri sebagai upaya penguatan pendidikan karakter pondok pesantren generasi 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 243-247.
Rodliyah, S. (2016). Manajemen pondok pesantren berbasis pendidikan karakter (Studi Kasus di Pondok Pesantren “Annuriyyah” Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 299-314.
Shofiyyah, N. A., Ali, H., & Sastraatmadja, N. (2019). Model pondok pesantren di era milenial. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1-18.
Sumardi, K. (2012). Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).
Supratno, H., Hubandiyah, H., & Raharjo, R. P. (2018). Pendidikan karakter di pondok pesantren sebagai media pencegahan radikalisme santri. Prosiding Semnas PPM 2018, 1(1), 1909-1919.
Wiranata, R. R. S. (2019). Tantangan, Prospek dan Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Al-Manar, 8(1), 61-92.
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287-310.
Zulfiati, H. M. (2019, June). Pendidikan Karakter Perspektif Ki Hadjar Dewantara Dalam Membentuk Generasi Unggul Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Downloads

Published

2021-10-17

How to Cite

Kusuma, F. A. ., Nurhayati, N., & Susilo, S. (2021). Penguatan pendidikan karakter peserta didik melalui peraturan pondok pesantren di era 4.0 : Strengthening the character education of students through the regulations of Islamic boarding schools in the 4.0 era . Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 21(1), 48–52. https://doi.org/10.21009/jimd.v21i1.23046