Analisis implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam menumbuhkan keterampilan mengemukakan pendapat pada proses pembelajaran

Analysis of the Problem Based Learning models implementation in developing express opinion skills on the learning process.

  • Cahyono Cahyono FKIP Universitas Pasundan
  • Dadang Mulyana Universitas Pasundan
  • Lili Sukarliana Universitas Pasundan
  • Desi Puspitasari Universitas Mandiri
Keywords: Problem based learning, Learning Model, learning, Keterampilan mengemukakan pendapat, Expressing opinion

Abstract

Abstract: The ability to express opinions to students is still low, so learning becomes boring. Researchers want to find out how planning and implementing learning models affect results, constraints, and solutions for implementing them. Students in Pancasila and Citizenship Education (PPKn) are using Problem-Based Learning (PBL) learning models to improve their ability to express themselves.The purpose of this study was to determine the planning, implementation, and results of learning models, constraints, and solutions for using the Problem-Based Learning (PBL) learning model. Participatory learning theory. Descriptive research method with an analytical approach data collection techniques by means of interviews, documentation, and literature study. The sampling technique is purposive sampling, and the data analysis is data reduction, display, and verification. The implementation of the Problem-Based Learning (PBL) learning model that is appropriate and in accordance with the learning syntax can foster students' skills in expressing opinions by looking at the indicators of courage, accuracy in opinion, respecting the opinions of others, not forcing their opinions on others, and conveying opinions in accordance with democratic values. In conclusion, 75% of the respondents, or more than half of the respondents, stated that the application of problem-based learning models can affect the skills of students in the learning process.

Abstrak: Keterampilan mengemukakan pendapat pada peserta didik masih rendah sehingga pembelajaran menjadi membosankan. Peneliti ingin mencari  tahu bagaimana perencanaan, implementasi model pembelajaran, hasil, kendala, dan solusi implementasi.model.pembelajaran.Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat pada peserta.didik.dalam pembelajaran.Pendidikan.Pancasila.dan Kewarganegaraan.(PPKn). Tujuan untuk mengetahui perencanaan, implementasi model pembelajaran, hasil, kendala, dan solusi dalam menggunakan.model.pembelajaran Problem.Based.Learning (PBL) Teori belajar partisipatorik. Metode.penelitian.deskriptif.dengan.pendekatan kualitatif. Teknik.pengumpulan.data.dengan cara.wawancara,.dokumentasi, dan studi literatur. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dan analisis data reduksi data, display dan verivication. Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang tepat dan sesuai dengan sintak pembelajarannya, dapat menumbukan keterampilan peserta didik dalam mengemukakan pendapat, dengan dilihat dari indikator keberanian, ketepatan dalam berpendapat, menghargai pendapat orang lain, tidak memaksakan pendapatnya terhadap orang lain, dan menyampaikan pendapat sesuai dengan nilai-nilai demokratis. Kesimpulannya 75% responden atau lebih dari setengahnya responden menyatakan bahwa penerapan model pemblejaran problem based learning dapat memengaruhi keterampilan berpendapat pada peserta didik dalam proses pembelajaran.

References

Anggarani, N. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di SMP Se-Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Baskoro, L. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Komputer (KK6) Di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 4 No. 3

Rachmawati, I., Retnowati, R., & Karantiano. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Teknik Debate Make A Match (DMM). Jurnal Manajemen Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, Vol.4.No.1.

Rini, F. A. (2019). ”Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Mengembangkan Karakter Toleransi dan Demokratis Siswa Pada Pelajaran PKn Kelas V Di SD Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik”, Vol.6.No.2. 49-60

Sari, K. (2013. Universitas Pendidikan Indonesia). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalh HAM Pada Mata Pelajaran PKn (PTK Kelas SMP N 40 Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia

Shoimin, Aris. (2014). “Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013”. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Wijayanto, B. (2012). Muatan Dan Pelaksanaan Pendidikan KarakterAnalisis Isi pada Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Karangan. Jurnal Universitas Muhammdiyah Surakarta, Vol. 3 No. 4.

Published
2022-04-19
How to Cite
Cahyono, C., Mulyana, D., Sukarliana, L., & Puspitasari, D. (2022). Analisis implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam menumbuhkan keterampilan mengemukakan pendapat pada proses pembelajaran . Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 21(2), 87-92. https://doi.org/10.21009/jimd.v21i2.25855