Pengaplikasian pembelajaran E-learning Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan V-class Universitas Lampung

  • Nurhayati universitas lampung
  • Yunisca
  • Devi Sutrisno
  • Bercah
  • Rahmad Hidayat
Keywords: Media pembelajaran v-class E-lerning Pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Virtual Class (V-Class) merupakan media pembelajaran yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa di Universitas Lampung dengan system e-learning atau berbasis teknologi untuk menunjang pembelajaran menjadi lebih interaktif, efektif, dan efesien di masa pandemic sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi media pembelajaran V-class Universitas Lampung sebagai wujud dari aplikasi metode pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan yang diterapkan di Universitas Lampung.  Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data kuesioner serta analisis data menggunakan presentase sederhana. Adapun jumlah responden yaitu 622 mahasiswa Universitas Lampung. Hasil yang didapat disajikan dan dideskripsikan  dalam bentuk tabel distribusi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi penggunaan media pembelajaran Vclass memberikan pengaruh pada pengaplikasian metode pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah pendiidkan kewarganegaraan.

References

Parray. 2017. Indonesia Jobs Outlook 2017 Harnessing Technology For Growth and Job Creation. Jakarta: International Labour Office
Yustanti, I., & Novita, D. 2019. Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang
Sohibun, & Ade, F. Y. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Kependidikan dan Ilmu Tarbiyah .
Schramm, W. 1977. Big Media Litle Media. London : Sage Public-Baverly Hills
Miarso. (1989). Definisi Teknologi Pendidikan. Depok: Prenada Media Group.
Hartino, A. T., & Adha, M. M. (2020). Optimalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Meningkatkan Civic Knowledge Peserta Didik Melalui Media Sosial. In E Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2020 (pp. 169-176). Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Gumrowi, A. (2016). Meningkatkan hasil belajar listrik dinamik menggunakan strategi pembelajaran team assisted individualization melalui simulasi crocodile physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(April), 105–111.
Eko Purwanto, A., Hendri, M., & Susanti, N. (2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Media Phet Simulations Dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Listrik Magnet Di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 22–27.
Gunawan, Harjono, A., & Imran. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118–125.
Prapunoto, S., Hermita, M., Qomariyah, N., & Suhendra, A. (2013). V-class dan Fleksibel Learning: Aplikasi Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi pada Universitas Gunadarma dan Universitas Kristen Satya Wacana. Prosiding PESAT, 5.
Napitupulu, R. I., Susilowati, E., & Gianadevi, F. APLIKASI VIRTUAL CLASS (V-CLASS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB.
Budi, E. N. (2017). Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma 1 Kudus Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62-75.
Suranto, B., (2009). Virtual Classroom: Strategi Pembelajaran Berbasis Synchronous E-Learning. Makalah yang disajikan pada Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009) Yogyakarta. Tersedia: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/ article/view/1221/1009. Diakses 24 Febuari 2021.
Aristio, A. P., (2008). Penerapan e-Learning di Indonesia : Virtual Class di Fakultas Teknologi InformasiInstitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Tersedia: http://parvian.wordpress.com /2008/07/13/penerapan-e-learning-di-indonesia/. Diakses 24 Febuari 2021.
Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385–395.
Suranto, B., (2009). Virtual Classroom: Strategi Pembelajaran Berbasis Synchronous E-Learning. Makalah yang disajikan pada Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009) Yogyakarta. Tersedia: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/ article/view/1221/1009. Diakses 24 Febuari 2021.
Novantara, P. (2018). Implementasi E-Learning Berbasis Virtual Class dengan Menggunakan Metode Synchronous Learning pada Pembelajaran di Universitas Kuningan. Buffer Informatika, 4(1).
Published
2022-11-03
How to Cite
Nurhayati, Yunisca, Sutrisno , D., Bercah, & Hidayat, R. (2022). Pengaplikasian pembelajaran E-learning Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan V-class Universitas Lampung. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 22(1), 125-131. https://doi.org/10.21009/jimd.v22i1.26017