Pengaruh Model Pembelajaran Example Non-Examples Berbasis Project Citizen Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien Universitas Negeri Makassar
  • Eva Faradisa Universitas Kanjuruhan Malang
  • Arifin Manggau Universitas Negeri Makassar
Keywords: Example Non-examples, Project Citizen, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran example non-examples berbasis project citizen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X di MA Al-Islam Bantur. Metode quasi experiment adalah metode yang digunakan oleh peneliti dengan jumlah siswa sebanyak 44. Pengambilan sampel menggunakan teknik clusterrandom dengan taraf kesalahan sebesar 5%. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan uji F. Berdasarkan pengujian pada uji T diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa. Sedangkan pada uji F diketahui nilai Sig. sebesar 0,02 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran example non-examples berbasis project citizen terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn kelas X di MA Al-Islam Bantur.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Astriani, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Gaser Terhadap Ketrampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Ngesrep 01. Jurnal Pendas Mahakam, 2(1), 91–99. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/99.
Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIivis, II(2). Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/413.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jayadiputra, E. (2015). Model Project Citizen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Cisoc, 2(1), 11–20. Retrieved from http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/18.
Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Adiatama.
Luqman. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. IlmuPendiidkan, 2(2), 44–59. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/2203.
Mediatati, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 6 Salatiga. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 100–105. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jere/article/view/10073.
Nurhalimah, & Ichas, S. (2017). Implementation of Project Citizen Model to Increase Civic Participation on Civic Education for Elementary School. Antologi UPI, 5(1), 356–367. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/240734.
Priyanto, E. (2018). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menerapkan Model Project Citizen dalam Pembangunan Karakter Mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 12(1), 58–82. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/2371.
Rahuma, A., & Ananda, A. (2018). The Effect of Using Cooperative Learning Model Type of Examples Non Examples and Motivation Toward Student Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(2), 117–121. Retrieved from http://jurnal.iicet.org/index.php/jppi/article/view/275.
Rochman, N., Rachman, M., & Masrukhi. (2016). Model Pengembangan Penguatan Nilai-nilai Nasionalisme Berbasis Project Citizen dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewaganegaraan di Universitas PGRI Semarang. Journal of Educational Social Studies, 5(1), 33–42. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/13092.
Sudrajat, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn SMA di Kota Semarang (Studi Eksperimen Mata Pelajaran PPKn Kurikulum 2013). Jurnal Pancaran, 5(1), 29–44. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/413.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyanto, A. (2014). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 2(1), 192–203. https://doi.org/10.1007/BF02386737.
Sulaiman, Hasan, H., & Maksum, H. (2017). Model Project Citizen untuk Mengatasi Gaya Hidup Lesbian, Gay, Biseksual, dan Trangender (LGBT). Seminar Nasional II USM, 1(1), 448–454. Retrieved from http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/semnas/article/view/379.
Susanti, R. (2014). Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 123–127. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/3110.
Wardika, Sulastri, & Dibia. (2014). Pengaruh Model Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3091.
Published
2022-11-09
How to Cite
Hermuttaqien, B. P. F., Faradisa, E., & Manggau, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non-Examples Berbasis Project Citizen Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 22(1), 140-144. https://doi.org/10.21009/jimd.v22i1.26876