Pengaruh Penilaian Psikomotor Terhadap Pembentukan Participatory Skills Siswa

Pengaruh Penilaian Psikomotor terhadap Pembentukan Participatory Skills Siswa pada Mata Pelajaran PPKn

Authors

  • Fani Kardina Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yogi Nugraha Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nadya Putri Saylendra Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.21009/jimd.v22i2.34177

Keywords:

Penilaian Psikomotor, Participatory Skills, PPKn

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan atas dasar penilaian keterampilan siswa pada mata pelajaran PPKn sulit terkontrol oleh guru dan kurang efektif dalam proses pembelajaran yang bersifat daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian psikomotor terhadap pembentukan participatory skills siswa mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 481 siswa dengan jumlah sampel 218 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan tahapan uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis regresi linear sederhana. Tahapan uji hipotesis dengan uji determinasi, uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penilaian psikomotor terhadap pembentukan participatory skills siswa, (thitung= 17,362 > ttabel= 1,970; nilai signifikansi= 0,000 <  nilai alpha= 0,05) maka Hα diterima sedangkan Ho ditolak, dan presentase tingkat pengaruh penilaian psikomotor terhadap pembentukan participatory skills siswa sebesar 58,3%. Rekomendasi penelitian ini yaitu siswa lebih aktif dalam berpartisipasi saat proses pembelajaran dengan harapan dapat mengeksplor pengalaman keterampilan belajarnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan guru diharapkan dapat memberikan apresiasi segala bentuk kompetensi yang dimiliki oleh siswa termasuk dalam keterampilan partisipasi siswa.

Abstract

The effect of psychomotor assessment on the forming Of student participatory skills in Civic Education.This research was conducted on the basis of assessing student skills in Civics subjects that are difficult to control by teachers and less effective in online learning processes. This study aims to determine the effect of psychomotor assessment on the formation of participatory skills of the VIII grade Civics students in SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. This study uses a quantitative approach with a survey method. The population in this study amounted to 481 students with a sample of 218 students. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique used was the stages of normality test, homogeneity test, and simple linear regression analysis. Stages of hypothesis testing with determination test, T test, and F test. The results show that is an influence of psychomotor assessment on the formation of student participatory skills, (tcount = 17,362 > ttable = 1,970; significance value = 0.000 < alpha value = 0.05) then H_α  is accepted whil H_o  is rejected, and the percentage level of influence of psychomotor assessment on the formation of student participatory skills is 58.3%. The recommendation of this research is that students are more active in participating in the learning process in the hope of exploring the experience of learning skills to be applied in daily activities, and teachers are expected to be able to appreciate all forms of competence possessed by students, including student participation skills.

References

Branson, Margaret Stimmann. (1999b). Participatory Civic Skills. Yogyakarta: LKiS.
Center for Civic Education. (1994). Karakteristik Warga Negara yang Baik. Bandung: CV Yasindo Multi Aspek.
Janah, D.R.K., & Warsono, W. (2020a). Penilaian Keterampilan PPKn. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan Vol 8 Nomor 2 hlm 846. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/30/article/view/36004/32024 diunggah pada tanggal 12 Maret 2022
Keith, Davis. (1998). Organizational Behavior, Human Behavior at Work. Hill: Tata MCGraw.
Leighbody, G.B. (1968). Methods of Taching Shop and Technical Subjects. New York: Delmar Publishing.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda.
Mulyasa, E. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Neuman, W Lawrence. (2003). Social Research Methods, Qualitative and Quantitative Approach. Boston, New York: AB.
Nugraha, Y. (2017). Pengaruh Kinerja Guru PKn dan Iklim Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol 1 Nomor 1 hlm 1-14. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/783 diunggah pada tanggal 07 April 2022
Nurbudiyani, Iin. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal Vol 13 Nomor 1 hlm 88-93. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/anterior/article/view/295 diunggah pada tanggal 12 Maret 2022
Saylendra, Nadya Putri., & Danial, Endang. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMAN 7 Bogor. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Vol 15 Nomor 1 hlm 17-41. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmb/article/view/9109 diunggah pada tanggal 24 Maret 2022
Sigelman, Carol K., & Shaffer, David R. (1995). Life-Span Human Development. California: Brooks/ Cole Publishing Company.
Sudjana. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sugiyono. (2013). Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019a). Populasi dan Sampel. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019b). Simple Random Sampling. Bandung: Alfabeta.
Sunarti. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi Offset.
Suryo, Joko. (2002). “Pembentukan Identitas Nasional”. Makalah. Seminar Terbatas Pengembangan Wawasan Tentang Civic Education. Yogyakarta: LP3 UMY.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2016. Sidoarjo: Genta Group Production.
Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Fani Kardina, Yogi Nugraha, & Nadya Putri Saylendra. (2024). Pengaruh Penilaian Psikomotor Terhadap Pembentukan Participatory Skills Siswa: Pengaruh Penilaian Psikomotor terhadap Pembentukan Participatory Skills Siswa pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 22(2), 209–216. https://doi.org/10.21009/jimd.v22i2.34177