Analisis perbandingan Multikulturalisme sebagai kebijakan publik antara Indonesia dengan Kanada

Authors

  • Alyah Fridayanti Universitas Andalas
  • Iqbal Athallah Yusra Universitas Andalas
  • Avril Aura Ervista Eries Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.21009/jimd.v23i2.36689

Keywords:

indonesia, kanada, kebijakan publik, multikulturalisme

Abstract

Abstrak

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengartikulasikan dan membandingkan bagaimana praktik multikulturalisme sebagai kebijakan publik antara Indonesia dengan Kanada. Menjawab tujuan dari artikel ini, penulis menggunakan metode studi pustaka dimana penulis menghimpun data dan literatur kemudian diusung dalam karya ilmiah. Konsepsi multikulturalisme seringkali menimbulkan pemahaman ketika orang memperdebatkan tantangan dan manfaatnya. Sebagian besar membayangkan tentang esensi multikulturalisme yang ditekankan pada apakah multikulturalisme diekspresikan dalam kebijakan publik, hukum dan peraturan yang konkret sebagai bentuk orientasi khusus oleh pemerintah atau lembaga. Pada tulisan ini, penulis mengkaji esensi multikulturalisme dari sudut pandang kebijakan publik yang ditetapkan oleh Indonesia dan Kanada. Perbandingan kebijakan tersebut ditinjau dari beberapa indikator penilaian startegis multikulturalisme. Meskipun antara kedua kebijakan multikulturalisme indonesia dan kanada memiliki tujuan serta landasan hukum yang tak jauh berbeda, akan tetapi terdapat perbedaan di antara keduanya. Perbedaan tersebut terdapat pada sejarah awal munculnya multikulturalisme masing-masing negara, pendekatan dasar perkembangan multikulturalisme, fokus dan arah kebijakan multikulturalisme.

Kata kunci : indonesia, kanada, kebijakan publik, multikulturalisme

References

Baldwin, C. R., Berg, M. K., Yuan, J., Sowden, W. J., Kitayama, S., & Kross, E. (2024). Culture shapes moral reasoning about close others. Journal of Experimental Psychology: General, 153(9), 2345–2358. https://doi.org/10.1037/xge0001626

Comas-Diaz, L. (2024). Multiculturalism: A paradigmatic force in psychology. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 92(4), 199–201. https://doi.org/10.1037/ccp0000876

Crooks, K., Law, C., Taylor, K., Brett, K., Murray, P., Kohlhagen, J., Hope, K., & Durrheim, D. N. (2023). Embedding Aboriginal cultural governance, capacity, perspectives and leadership into a local Public Health Unit Incident Command System during COVID-19 in New South Wales, Australia. BMJ Global Health, 8(7), e012709. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2023-012709

Dimici, K., & Başbay, A. (2023). Multicultural education as the supportive component of English language curriculum: a mixed-methods experimental design study at a Turkish University. International Journal of Inclusive Education, 1–16. https://doi.org/10.1080/13603116.2023.2262998

Fox, R., Ward, C., Neha, T., & Jose, P. E. (2020). Modelling cultural embeddedness for colonised indigenous minorities: The implicit and explicit pathways to culturally valued behaviours. Culture & Psychology, 27(2), 1354067X2097650. https://doi.org/10.1177/1354067x20976503

Gulya, N. M., & Fehérvári, A. (2024). Multiculturalism in the curriculum: a comparative analysis of the Finnish, Irish and Hungarian national core curricula. Journal for Multicultural Education. https://doi.org/10.1108/jme-10-2023-0113

Legare, C. (2023). The cumulative quality of culture explains human uniqueness. Zygon®, 58(2), 443–453. https://doi.org/10.1111/zygo.12904

Mansouri, F., Vergani, M., & Weng, E. (2024). Parallel lives or active citizens? Examining the interplay between multicultural service provision and civic engagement in Australia. Journal of Sociology, 60(2). https://doi.org/10.1177/14407833231219033

May, P. (2023). Local Practices vs National Models of Integration? The Management of Ethno-religious Diversity in an Urban Context. Ethnopolitics, 1–20. https://doi.org/10.1080/17449057.2023.2265635

Maynard, Ashley E., & Chaudhary, N. (2021). Human Development at the Intersection of Culture and Globalization: Towards a More Inclusive Future. Human Development, 64, 1–8. https://doi.org/10.1159/000513046

Modood, T., Parekh, B., Tyler, C., Uberoi, V., & Connelly, J. (2024). Multicultural conversations: The nature and future of culture, identity and nationalism. Ethnicities. https://doi.org/10.1177/14687968241264814

Nakaya, A. (2018). Overcoming Ethnic Conflict through Multicultural Education: The Case of West Kalimantan, Indonesia. International Journal of Multicultural Education, 20(1), 118. https://doi.org/10.18251/ijme.v20i1.1549

Osborn, H. J., Sosa, N., & Rios, K. (2019). Perceiving demographic diversity as a threat: Divergent effects of multiculturalism and polyculturalism. Group Processes & Intergroup Relations, 23(7), 136843021988060. https://doi.org/10.1177/1368430219880606

Rose, M. (2024). Restoring the question of culture: identity, essence and the unknowability of difference. Cultural Geographies. https://doi.org/10.1177/14744740241291859

Sealy, T., Dupont, P.-L., & Modood, T. (2024). Difference and diversity: Combining multiculturalist and interculturalist approaches to integration. The Sociological Review. https://doi.org/10.1177/00380261241238585

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Fridayanti, A., Yusra, I. A., & Eries, A. A. E. (2024). Analisis perbandingan Multikulturalisme sebagai kebijakan publik antara Indonesia dengan Kanada . Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 23(2), 400–406. https://doi.org/10.21009/jimd.v23i2.36689