Profil Pelajar Pancasila dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.21009/jimd.v23i1.37082Keywords:
kompetensi abad 21, pendidikan kewarnegaraan, profil pelajar pancasilaAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil pelajar Pancasila secara konsepsi maupun kebijakan dalam perspektif Pendidikan Kewarganegaraan di tiga sekolah menengah di Kota Bandung, yaitu SMAN 12, SMAN 23, dan SMAN 25. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan kebijakan profil pelajar Pancasila yang memiliki integritas dan moralitas tinggi, serta untuk meminimalisir praktik pendidikan yang berorientasi pada komersialisasi dan proseduralitas semata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Melalui metode ini, peneliti dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang kasus yang diteliti berdasarkan pengalaman dan perspektif partisipan yang terlibat secara langsung dalam penelitian. Peneliti menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview) dengan partisipan yang dianggap sebagai pemeran utama dan memiliki pengalaman yang relevan dengan fokus penelitian ini.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila merupakan kebijakan penting dalam satuan pendidikan yang bersifat komprehensif. Meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam pengembangan dimensi profil pelajar Pancasila dan perencanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), sekolah-sekolah yang menjadi lokasi penelitian telah berhasil menerjemahkan dan merealisasikan kebijakan tersebut.Seluruh subjek penelitian sepakat, bahwa profil pelajar Pancasila perlu diberlakukan dalam satuan pendidikan pada era ini. Namun, tetap mereka berharap, penerapan profil pelajar Pancasila dalam satuan pendidikan tidak sebatas slogan saja, tetapi bisa terus dilaksanakan dan dapat bermanfaat positif terhadap pengembangan karakter, kompetensi, dan sikap warga negara muda. Meskipun belum mengejewantahkan sila Pancasila secara utuh, namun dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila memodifikasi nilai Pancasila dan kompetensi abad 21.
Kata kunci : kompetensi abad 21, pendidikan kewarnegaraan, profil pelajar pancasila
References
Asmayawati, A., Yufiarti, Y., & Yetti, E. (2024). Pedagogical innovation and curricular adaptation in enhancing digital literacy: A local wisdom approach for sustainable development in Indonesia context. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(1), 100233–100233. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2024.100233
Benaziria, B., & Murdiono, M. (2019). Civic teacher strategy in the integration of nationalism and tolerance character in school based on pesantren in Yogyakarta city. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 13–34. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25227
Bokedal, T., Reindal, S. M., Rise, S., & Wivestad, S. M. (2022). “Someone” versus “something”: A reflection on transhumanist values in light of education. Journal of Philosophy of Education, 56(2). https://doi.org/10.1111/1467-9752.12628
Datu, J. A. D., & Bernardo, A. B. I. (2020). The Blessings of Social-Oriented Virtues: Interpersonal Character Strengths Are Linked to Increased Life Satisfaction and Academic Success Among Filipino High School Students. Social Psychological and Personality Science, 11(7), 194855062090629. https://doi.org/10.1177/1948550620906294
Dehghani, M., Trojovská, E., & Trojovský, P. (2022). A new human-based metaheuristic algorithm for solving optimization problems on the base of simulation of driving training process. Scientific Reports, 12(1). https://doi.org/10.1038/s41598-022-14225-7
del Valle, J. L. (2021). A rough sail for learner-centred education as a global reform policy in the Philippines. Pedagogy, Culture & Society, 31(1), 1–20. https://doi.org/10.1080/14681366.2021.1887330
Fainga’a-Manusione, I., Harvey, A., Stuart, J., Statham, M., Pelite, N., Aloalii, F., & Aloalii, R. (2024). Enhancing equitable inclusion for the Pasifika diaspora in mainstream Australia, using Pasifika methodologies within higher education and community settings. Equality Diversity and Inclusion an International Journal. https://doi.org/10.1108/edi-11-2022-0313
Figliè, R., Amadio, R., Tyrovolas, M., Stylios, C., Paśko, Ł., Stadnicka, D., Carreras-Coch, A., Zaballos, A., Navarro, J., & Mazzei, D. (2024). Towards a Taxonomy of Industrial Challenges and Enabling Technologies in Industry 4.0. IEEE Access, 1–1. https://doi.org/10.1109/access.2024.3356349
Joris, M., & Agirdag, O. (2019). In search of good citizenship education: A normative analysis of the International Civic and Citizenship Education Study (ICCS). European Journal of Education, 54(2), 287–298. https://doi.org/10.1111/ejed.12331
Khahro, S. H., & Javed, Y. (2022). Key Challenges in 21st Century Learning: A Way Forward towards Sustainable Higher Educational Institutions. Sustainability, 14(23), 16080. https://doi.org/10.3390/su142316080
Kim, S., Hood, M., Creed, P., & Bath, D. (2022). “New career” profiles for young adults incorporating traditional and protean career orientations and competencies. Career Development International, 27(5). https://doi.org/10.1108/cdi-10-2021-0256
Nurman, N., Yusriadi, Y., & Hamim, S. (2022). Development of Pluralism Education in Indonesia: A Qualitative Study. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 9(3), 106–120. https://doi.org/10.29333/ejecs/1207
Permana, D. R., & Agusta, O. L. (2023). Analyzing Profil Pelajar Pancasila Values in Elementary School Textbook. Linguists Journal of Linguistics and Language Teaching, 9(2), 199–199. https://doi.org/10.29300/ling.v9i2.3857
Rizvi, F., Savage, G. C., Quay, J., Acquaro, D., Sallis, R. J. T., & Sobhani, N. (2019). Transnationalism and the International Baccalaureate Learner Profile. PROSPECTS, 48(3). https://doi.org/10.1007/s11125-019-09447-z
Ullah, I. (2021). Lest to Blame Students: The Role of Enforcers in Promoting Academic Dishonesty. Journal of Academic Ethics, 20(4). https://doi.org/10.1007/s10805-021-09431-3
Weinberg, J. (2021). Civic education as an antidote to inequalities in political participation? New evidence from English secondary education. British Politics, 17(2). https://doi.org/10.1057/s41293-021-00186-4
Yang, H. H., Li, R. C., Simon, S., & Kwok, L. F. (2023). Unleashing the Potentials of Flexible Education with Pedagogical and Technological Innovations. Sustainability, 15(20), 14915–14915. https://doi.org/10.3390/su152014915
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fadya Mardhiyyah, Cecep Darmawan , Asep Mahpudz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.