Efektivitas penerapan strategi pembelajaran diferensiasi melalui literasi digital terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila (SMP Negeri 2 Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.21009/jimd.v23i1.37773Keywords:
diferensiasi, literasi digital, pendidikan pancasilaAbstract
ABSTRAK
Beragam potensi yang dimiliki oleh peserta didik menimbulkan adanya kebutuhan untuk memenuhi minat serta bakat dalam memproses pengetahuan secara optimal. Kemajuan zaman yang didukung dengan era revolusi industri 4.0 menciptakan masifnya penggunaan media digital termasuk kepada kegiatan pembelajaran. Hal ini memberikan urgensi dalam memberikan kompetensi kepada peserta didik untuk menguasai literasi digital. Maka dari itu dalam kurikulum merdeka belajar menciptakan salah satu terobosan melalui pembelajaran yang interaktif dan tepat sasaran terhadap potensi peserta didik yaitu diperoleh dengan penerapan strategi pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah strategi pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila sebagai rancangan pembelajaran yang menyesuaikan karakteristik masing-masing peserta didik dengan berlandaskan kepada nilai-nilai pancasila. Pendekatan kualitatif melalui studi kasus dilaksanakan terhadap SMP Negeri 2 Bandung sebagai sekolah penggerak Angkatan pertama dengan berbasis digital. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa peran strategi pembelajaran diferensiasi yang digunakan guru dalam mata pelajaran pendidikan membangun semangat peserta didik untuk berperan aktif dan inovatif pada kegiatan pembelajaran. Penggunaan perangkat ajar berbasis digital pada setiap proses pendidikan menumbuhkan kompetensi peserta didik dalam menguasai literasi digital sehingga tingkat prestasi akademik maupun non-akademik pada peserta didik memperoleh hasil yang memuaskan dan sangat baik
Kata kunci: diferensiasi, literasi digital, pendidikan pancasila
References
Bardach, L., Klassen, R. M., & Perry, N. E. (2021). Teachers’ Psychological Characteristics: Do They Matter for Teacher Effectiveness, Teachers’ Well-being, Retention, and Interpersonal Relations? an Integrative Review. Educational Psychology Review, 34(1). https://doi.org/10.1007/s10648-021-09614-9
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas IX SMPIT Khairunnas . JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 6(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74
Bryson, D. (2021). The changing landscape of professional development. Journal of Visual Communication in Medicine, 44(2), 72–74. https://doi.org/10.1080/17453054.2021.1903303
Gheyssens, E., Coubergs, C., Griful-Freixenet, J., Engels, N., & Struyven, K. (2020). Differentiated instruction: the diversity of teachers’ philosophy and praxis to adapt teaching to students’ interests, readiness and learning profiles. International Journal of Inclusive Education, 26(14), 1–18. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1812739
Haigh, M. (2020). Curriculum design for diversity: layering assessment and teaching for learners with different worldviews. Journal of Geography in Higher Education, 44(4), 487–511. https://doi.org/10.1080/03098265.2020.1803224
Kidman, G., & Chang, C.-H. (2022). Assessment and evaluation in geographical and environmental education. International Research in Geographical and Environmental Education, 31(3), 169–171. https://doi.org/10.1080/10382046.2022.2105499
Levin, O., Hemi, M. E., & Kasperski, R. (2023). Multiple aspects of simulation facilitators’ role in higher education: protecting and challenging the learners. Teaching in Higher Education, 1–15. https://doi.org/10.1080/13562517.2023.2251894
Machfiroh, R., Sapriya, S., & Komalasari, K. (2018). Characteristics of Young Indonesian Citizenship in the Digital Era. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2018). https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.2
Maisyaroh, M., Juharyanto, J., Bafadal, I., Wiyono, B. B., Ariyanti, N. S., Adha, M. A., & Qureshi, M. I. (2021). The principals’ efforts in facilitating the freedom to learn by enhancing community participation in indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 196–207. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.36119
Maulidah, E. (2019). Character Building dan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1.
Nkansah, J. O., & Oldac, Y. I. (2024). Unraveling the attributions of digital literacy skills and knowledge gap in Ghana’s higher education: Undergraduate students voices in a phenomenological study. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12483-8
Onyishi, C. N., & Sefotho, M. M. (2020). Teachers’ Perspectives on the Use of Differentiated Instruction in Inclusive Classrooms: Implication for Teacher Education. International Journal of Higher Education, 9(6), 136. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p136
Pradana, Y. (2020). Pengembangan literasi digital melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. In Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan , 2, 11–14.
Purcell, J. J., Wiley, R. W., & Rapp, B. (2019). Re-learning to be different: Increased neural differentiation supports post-stroke language recovery. NeuroImage, 202, 116145. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2019.116145
Sá, M. J., Santos, A. I., Serpa, S., & Miguel Ferreira, C. (2021). Digitainability—Digital Competences Post-COVID-19 for a Sustainable Society. Sustainability, 13(17), 9564. https://doi.org/10.3390/su13179564
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Widiana, I. W., Jampel, I. N., & Prawini, I. G. A. P. (2018). The Effectiveness of Communication Learning Activities Based on Tradisional Game Toward the Cognitive Process Dimension. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2). https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.14091
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arien Minawati Agustina, Sapriya Sapriya, Dadang Sundawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.