PERSINGGUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN KEPEMIMPINAN VISIONER DAN SITUASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmp.v10i1.21950Abstract
Kepemimpinan dalam sebuah organisasi memegang peranan yang sangat penting, sebab sukses tidaknya suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sangat tergantung pada kemampuan pemimpinnya untuk menumbuhkan iklim kerja sama dengan mudah dan dapat menggerakan sumber-sumber daya yang ada sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien. Berdasarkan kajian pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur-literatur yang relevan, dapat disimpulkan pertama, Kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang mencerminkan ikhtiar perubahan yang terus menerus dalam upaya mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan dengan menggerakkan semua potensi sumber daya yang ada; kedua, Kepemimpinan visioner adalah kepemimpinan yang mencerminkan masa depan, pemimpinnya berfikir jauh ke depan melampaui batas waktu saat dia berada. Dia mampu menerawang masa depan organisasi yang dipimpinnya dan kemudian mewujudkan dalam visi-visinya, ketiga, Kepemimpinan situasional adalah kepemimpinan pragmatis. Yaitu kepemimpinan yang menyesuaikan kepemimpinannya dengan situasi dan kondisi lingkungan kepemimpinannya, baik dari segi personalia bawahan maupun tugas-tugas keorganisasian dalam mencapai tujuan organisassi; keempat, Persinggungan kepemimpinan transformasional, visioner, dan situasional adalah sama-sama mengutamakan tercapainya tujuan organisasi dan terselesaikannya pekerjaan dan kesuksesan bersama dari bawahannya, kepemimpinannya diterima oleh semua bawahan dan adanya pembagian pekerjaan yang jelas antar individu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Manajemen Pendidikan allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.
Jurnal Manajemen Pendidikan has CC-BY NC SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Manajemen Pendidikan recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY NC SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Manajemen Pendidikan site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Manajemen Pendidikan is Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.