MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMENUHAN AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.27046Keywords:
Sarana dan Prasarana; Aksesibilitas; Disabilitas; Perguruan TinggiAbstract
Setiap warga negara memiliki hak atas pendidikan, tak terkecuali penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama dalam pendidikan, memiliki prestasi dan belajar. Keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi adalah adanya manajemen sarana dan prasarana yang baik. Terutama pada mahasiswa penyandang disabilitas memiliki sarana prasarana yang berbeda. Perlu adanya aplikasi khusus dalam pendampingan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui manajemen sarana prasarana dalam pemenuhan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas di perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah study literature dari berbagai sumber seperti jurnal, e-book untuk memperoleh data pustaka, kemudian melakukan pengumpulan, pengelompokan serta menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil dari penelitian yaitu pemenuhan aksesibilitas sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas di perguruan tinggi masih belum terealisasikan secara baik. Masih banyak perguruan tinggi yang belum memiliki aksesibilitas sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap untuk penyandang disabilitas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Manajemen Pendidikan allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.
Jurnal Manajemen Pendidikan has CC-BY NC SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Manajemen Pendidikan recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY NC SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Manajemen Pendidikan site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Manajemen Pendidikan is Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.