PENERAPAN KONSEP TQM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SD ISLAM DAARUL MUWAHIDIN SEMARANG

Authors

  • Banna Irfan Ibadillah UIN Maulana Malik Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmp.v13i2.30695

Abstract

Munculnya Total Quality Management (TQM) dewasa ini dirasa sebagai jawaban atas problem lembaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa konsep-konsep TQM yang diterapkan oleh SD Islam Daarul Muwahidin yaitu (1) orientasi pada kepuasan konsumen, (2) komunikasi dan kerjasama antar karyawan, (3) dan upaya dalam meningkatkan SDM karyawan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dalam ranah studi kasus dan penulis menganalisis data dengan 4 langkah: mengumpulkan data, mengklasifikasi, memaparkan, lalu menyimpulkan. Sedangkan hasil dari makalah ini menunjukkan bahwa SD Islam Daarul Muwahidin menerapkan konsep TQM dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ditawarkan. Terutama dalam mengintegrasikan antara ilmu-ilmu umum dengan nilai-nilai keislaman. Dari 3 konsep TQM yang dibahas sebagai rumusan masalah, ditemukan adanya keterikatan antara konsep-konsep TQM lainnya yang diterapkan oleh SD Islam Daarul Muwahidin Semarang.

Downloads

Published

2022-12-03