STRATEGI PROMOSI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI SMA KRISTEN PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmp.v14i2.40961Keywords:
strategi, promosi sekolah, peserta didikAbstract
Strategi promosi yang tepat diperlukan untuk meningkatkan jumlah peserta didik pada suatu lembaga pendidikan. Sekolah harus menyusun strategi yang efektif agar mampu menghadapi persaingan yang ketat antar sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam terkait strategi promosi sekolah yang dilakukan oleh SMA Kristen Palangka Raya untuk meningkatkan jumlah peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang strategi yang dilakukan oleh SMA Kristen Palangka Raya yaitu: 1) Melakukan kunjungan ke sekolah menengah pertama (SMP) yang terletak di kota Palangka Raya, 2) Penyebaran brosur, 3) Promosi melalui media sosial, 4) Promosi melalui website sekolah, 5) Mengadakan kegiatan di sekolah. Selain strategi yang telah dilakukan, terdapat strategi baru yang akan diterapkan oleh sekolah, yaitu: 1) Melakukan kunjungan ke gereja, 2) Melakukan kunjungan ke sekolah menengah pertama (SMP) yang terletak di luar daerah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Manajemen Pendidikan allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.
Jurnal Manajemen Pendidikan has CC-BY NC SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Manajemen Pendidikan recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY NC SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Manajemen Pendidikan site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Manajemen Pendidikan is Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.