STRATEGI PROMOSI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI SMA KRISTEN PALANGKA RAYA

Authors

  • Lista Natalia Program Studi Manajemen Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Pindah Atepto Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya
  • Tamara Mawarni Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya
  • Ratih Sulistyowati Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmp.v14i2.40961

Keywords:

strategi, promosi sekolah, peserta didik

Abstract

Strategi promosi yang tepat diperlukan untuk meningkatkan jumlah peserta didik pada suatu lembaga pendidikan. Sekolah harus menyusun strategi yang efektif agar mampu menghadapi persaingan yang ketat antar sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam terkait strategi promosi sekolah yang dilakukan oleh SMA Kristen Palangka Raya untuk meningkatkan jumlah peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang strategi yang dilakukan oleh SMA Kristen Palangka Raya yaitu: 1) Melakukan kunjungan ke sekolah menengah pertama (SMP) yang terletak di kota Palangka Raya, 2) Penyebaran brosur, 3) Promosi melalui media sosial, 4) Promosi melalui website sekolah, 5) Mengadakan kegiatan di sekolah. Selain strategi yang telah dilakukan, terdapat strategi baru yang akan diterapkan oleh sekolah, yaitu: 1) Melakukan kunjungan ke gereja, 2) Melakukan kunjungan ke sekolah menengah pertama (SMP) yang terletak di luar daerah.

Downloads

Published

2023-12-14