KEPUASAN PELANGGAN MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Authors

  • Bedjo Sujanto

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmp.v8i1.4217

Keywords:

Kepuasan;, pelanggan;, manajemen pendidikan;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap layanan administrasi  akademik di Program Studi Manajemen Pendidikan (Prodi MP) S1, dan aspek-aspek apa yang memiliki tanggapan paling baik dan aspek-aspek yang perlu ditingkatkan dari para pengelola.Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ). Sumber data yang digunakan adalah mahasiswa MP S1, Tata Usaha, dan sumber dokumen berupa Pedoman Akademik FIP UNJ Tahun 2016. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan pemaknaan  melalui tahapan: data collection, data reduction, data display, dan data verifikasi. Temuan penelitian pada aspek layananan administrasi akademik di Prodi MP S1 pada umumnya mahasiswa menyatakan cukup baik. Pada aspek pembelajaran oleh Dosen di kelas umumnya terkategori baik. Harapan terhadap layanan administratif dan akademik mengisyaratkan bahwa masih banyak aspek yang perlu diperbaiki dan perlu mendapatkan pengawasan yang jelas serta pemeliharaan yang terkontrol secara kontinu. Aspek yang memiliki tanggapan paling baik adalah aspek kepribadian, komunikasi, penguasaan terhadap materi perkuliahan, rencana perkuliahan dan strategi pembelajaran. Sedangkan Aspek yang masih perlu ditingkatkan adalah masalah wifi (hotspot) dan ketersediaan sarana pembelajaran di kelas maupun di Perpustakaan.

Published

2017-07-01