PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KERJA STRES TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMA KATOLIK SE-JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.21009/jmp.v11i2.7747Keywords:
Budaya Organisasi, Stres Kerja, Kepuasan KerjaAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh dari (1) budaya organisasi, (2) stres kerja, (3) kepuasan kerja para Guru SMA Sekolah Swasta Katolik Se Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. yang menjelaskan hubungan atau korelasional kausal yang biasa disebut analisis jalur. Survey dilakukan sejak Maret 2018 sampai Mei 2018 dengan melibatkan 103 orang Guru SMA. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan menggunakan rumus Slovin dengan uji coba instrument sebanyak 24 Guru. Temuan dari hasil penelitan ini mengindikasikan: pertama, adanya pengaruh budaya organisasi langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja para Guru. Kedua, adanya pengaruh stres kerja secara langsung negatif terhadap kepuasan kerja. Ketiga, adanya pengaruh budaya organisasi secara langsung negatif terhadap stres kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada kepala sekolah sebagai agar dapat menjadi teladan bagi Guru-Guru didalam menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam budaya organisasi. yayasan membantu pimpinan sekolah dalam hal kebijakan pengupahan, penghargaan dan promosi jabatan yang layak bagi para Guru. Guru menjalankan nilai-nilai budaya organisasi yang ada, menghormati pimpinan sekolah dan sesama rekan kerja, sehingga tercipta suasana yang harmonis dan saling dukung sehingga tingkat kepuasan kerja dapat terpenuhi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Manajemen Pendidikan allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.
Jurnal Manajemen Pendidikan has CC-BY NC SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Manajemen Pendidikan recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY NC SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Manajemen Pendidikan site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Manajemen Pendidikan is Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.